Lis Minta Kader Posyandu Tingkatkan Kemampuan

0
816
H Lis Darmansyah

TANJUNGPINANG – Kader posyandu di Tanjungpinang harus meningkatkan kemampuan demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Menurutnya, posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat guna memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, membuka kegiatan pelatihan kader posyandu sekaligus memberikan arahan untuk selalu bekerja maksimal dan membangun kerjasama mewujudkan masyarakat Tanjungpinang yang sehat di Aula Kantor Bulang Linggi, Senin (10/4). pelatihan untuk memberikan pelayanan kesehatan prima kepada masyarakat,” kata Lis Darmansyah.

Acara ini juga dihadiri Ketua TP-PKK Hj Yuniarni Pustoko Weni SH, Kepala Dinas Kesehatan, Rustam, SKM, M.Si, Camat Tanjungpinang Barat, Irwan , Sos serta seluruh kader Posyandu se-Kecamatan Tanjungpinang dan perwakilan Tim Penggerak PKK Kecamatan dan kelurahan.

”Secara kualitatifperkembangan jumlah pos yandu di Kota Tanjungpinang sangat mengembirakan. Karena di setiap RW terdapat posyandu. Dengan 134 posyandu balita dengan jumlah kader yang aktif 840 orang dan 26 Posyandu Lansia di Tanjungpinang,” terang Lis.

Sekretaris DPD PDIP Kepri ini, menambahkan bertahap sarana prasarana akan Pemko perbaiki, sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Tahun ini telah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memperbaiki Puskesmas Batu IX, Puskemas Pancur dan Puskesmas Kampung Bugis, sehingga untuk pelayanan kesehatan masyarakat dapat dirasakan oleh masyarakat sendiri.

Melihat kegiatan yang dilakukan posyandu, selalu berkaitan dengan masalah sosial, baik masalah kesehatan anak, kesehatan ibu, maupun masalah sosial lainnya. Hal ini dilakukan ibu-ibu dengan penuh keikhlasan dan semangat yang tinggi.

”Saya bangga kepada kaum perempuan, setiap ada aktivitas, kaum ibu pasti melakukannya dengan solid, kompak, dan ikhlas,” pungkas Lis.

”Atas kontribusi yang dilakukan kader posyandu kebutuhan kesehatan masyarakat saya ucapkan terimakasih dan semoga dengan adanya pelatihan ini lebih meningkatkan kemampuan ibu-ibu sebagai kader posyandu,” tegas Lis.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Tanjungpinang, Rustam mengatakan pelatihan kader ini bertujuan memaksimalkan pelayanan pada setiap lingkungan masyarakat.
Dan perlunya penyengaran dalam pengetahuan kesehatan masyarakat.

Diharapkan pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dalam penyelenggaraan posyandu. Sehingga pelayan posyandu dapat maksimal dan kader posyandu dapat mengkolaborasikan kegiatan posyandu dengan kegiatan masyarakat lainnya. (bas) 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here