Listrik Pulau Tiga Cuma Nyala 12 Jam

0
570
TEKNIS PLN saat lakukan pembenahan jaringan listrik di jalan.F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

Warga Pulau Tiga Barat ingin merasakan listrik 24 jam, hingga kini belum terkabulkan dan hanya menikmati pelayanan selama 12 jam saja sehari.

NATUNA – Tidak semua program bisa berjalan lancar. Salah satunya program listrik menyala 24 jam belum bisa dirasakan, dan sampai saat ini mereka baru bisa merasakan listrik 12 jam sehari.

Keinginan bisa terang-benerang di setiap kecamatan di Kabupaten Natuna, ternyata tidak sesuai dengan kenyataannya. Hal ini jelas membuat masyarakat kecewa, karena tidak bisa seperti daerah lainnya.

Zarli warga Desa Tanjung Kumbik, Kecamatan Pulau Tiga Barat menuturkan, bahwa setelah mendengar adanya program PLN akan menghidupi wilayah kepulauan selama 24 jam ternyata hanya angan belaka.

Baca Juga :  Bakamla Pantau Perairan Natuna

Karena sampai saat ini, listrik di Kecamatan Pulau Tiga Barat belum bisa merasakan hal tersebut lantaran Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) yang ada di kecamatan belum bisa beroprasi secara maksimal.

”Kita sudah menunggu setahun lebih, proses masuknya listrik PLN di kecamatan pulau tiga barat dan belum lama ini baru bisa merasakan listrik PLN. Namun baru menyala selama 12 jam,” kata Zarli warga Desa Tanjung Kumbik, Kecamatan Pulau Tiga Barat di Jalan Soekarno-Hatta, Ranai, Jumat (8/6) lalu.

Ia juga mengatakan, untuk yang sudah merasakan listrik 24 jam di Kecamatan Pulau Tiga adalah Desa Sabang Mawang Barat dan Desa Sabang Mawang. Sedangkan, untuk Desa Tanjung Batang dan Desa Serantas Kecamatan Pulau Tiga belum bisa merasakan hal yang sama.

Baca Juga :  PAD Sulit Dicapai, Wewenang Jadi Alasan

”Kalau berdasarkan ceritanya, pemasangan jaringan ke dua desa itu belum selesai sampai sekarang. Kita berharap, Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Tiga Barat bisa teraliri listrik selama 24 jam,” ungkapnya.

Sementara Manager PLN Rayon Natuna Dwi Ristiono menjelaskan, untuk saat ini PLTD yang berada di Desa Tanjung Kumbik baru beroprasi dan belum mampu untuk menyalurkan 24 jam.

”Kalau untuk PLTD di Tanjung Kumbik sekarang baru bisa beroprasi, sedangkan untuk bisa menerapkan listrik 24 jam belum bisa. Saat ini, tahapan uji operasi Engine dengan beban bertahap. Tetapi kita akan tetap usahakan bisa menyala 24 jam,” paparnya.

Baca Juga :  Kepsek Didesak Mundur

Tambahnya, untuk program PLN Operasi 24 Jam PLTD Sabang Mawang sudah sesuai rencana. Namun, sebelumnya ada beberapa kendala di dua desa yang tidak ingin ada penebangan pohon atau tanaman.

”Alhamdulillah berkat koordinasi dengan pihak kecamatan dan pihak desa akhirnya bisa dilaksanakan pembebasan pembangunan jaringan dari potensi gangguan operasi Jaringan. Dan kita berharap mudah-mudahan tidak ada kendala lainnya,”pungkasnya. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here