LKKPN Gelar Sosialisasi Bersih Pantai

0
504
ANAMBAS: Sampah menumpuk di tepian pantai di desa Sri Tanjung. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Pekanbaru, melalui satuan Kerja TWP Kabupaten Anambas lakukan Sosialisasi dan aksi bersih pantai. Dalam kegiatan tersebut Loka KKPN menggandeng Anambas Snorkling Community (ASC) dan Dinas Perikanan dan Pertanian dan Pangan KKA.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Kerja Bersama Jaga dan Lestarikan Sumberdaya Laut Kita” Lokasi Bersih pantai sendiri di Pulau Temawan karena memang pulau tersebut salah satu pulau yang menjadi perhatian karena keindahan alamnya.

Yogi Yanuar Kepala Loka KKPN mengatakan Dalam kegiatan ini, selain mensosialisasikan tentang kawasan TWP Kabupaten Anambas. Peta zonasi serta ketentuanzonasi, secara khusus disampaikan pula materi pengetahuan tentang bahaya dan dampak sampah di laut kepada komunitas ASC.

Dengan harapan nantinya, para anggota ASC dapat ikut menyebarluaskan pengetahuan tersebut kepada masyarakat yang lebih luas.Sehingga, sumberdaya laut Anambas dapat terus lestari dan dapat memberi manfaat secara berkelanjutan. ”Yang kita lakukan adalah untuk memberikan pemahaman dengan efek domino mereka (ASC-red) dapat menyampakan informasi tersebut dimasyarakat,” bebernya.

Pemilihan Pulau Temawan sendiri dijadikan lokasikegiatan lanjut Yogi, karena merupakan salah satu dari 27 lokasi zona pemanfaatan dalam TWP Kabupaten Anambas yang sering menjadi lokasi tujuan wisata oleh masyarakat lokal. Namun disayangkan, salah satu dampak dari seringnya kunjungan di pulau tersebut adalah banyaknya sampah yang mencemari pulau, pantai, dan perairan di sekitarnya. ”Pembersihan sampah ini penting untuk menjaga kelestarian pulau,” bebernya.

Aksi bersih pantai tambah Yogi, yang dilakukan oleh seluruh peserta sebagai salah satu bentuk nyata dalam menjaga kelestarian ekosistem pulau-pulau kecil pantai dan perairan (laut). Selesai melaksanakan aksibersih sampah, peserta kegiatan memasang papan himbauan agar masyarakat yang berkunjung di Pulau Temawan tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Masih kata Yogi, alasan pihaknya menggandeng ASC karena komunitas yang terbentuk atas dasar kesamaan hobi dan kepedulian tentang lingkungan perairan. Sela in itu, ASC beranggotakan dari berbagai latar belakang pekerjaan, gender, dan lintas usia dan mayoritas anggotanya adalah masyarakat Anambas sendiri. Berawal dari hanya beberapa orang, saat ini ASC telah memiliki sekitar 30 anggota yang aktif dan memiliki potensi untuk terus berkembang,” jelasnya. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here