LPG dan Listrik Aman Selama Idul Fitri

0
129
Sales Branch Manager Pertamina Kepri, William Handoko.

Stok Ditambah dari Kuota Biasa

BATAM – Menjelang hari raya Idul Fitri, Pertamina Wilayah Kepri dan Bright PLN Batam, menyatakan kesiapannya. Pertamina menyatakan kesiapan stok LPG subsidi 3kg. Bahkan ada penambahan alokasi gas 85.120 tabung. Demikian listrik yang dijanjikan PLN Batam aman.

Sales Branch Manager Pertamina Kepri, William Handoko, Jumat (22/5) di Batam mengatakan, tambahan stok LPG itu disediakan, untuk ramadhan dan idul fitri. Sehingga tidak ada kelangkaan gas subsidi di Provinsi Kepri.

“Lagi banjir gas 3kg. Di pangkalan stok menumpuk. Kita dari Pertamina, mendistribusi tambahan, untuk ramadhan dan lebaran idul fitri,” kata William.

Dengan tambahan gas itu diakui, tidakada kekurangan gas di Kepri. Penambahan itu diakui disiapkan, karena kondisi masyarakat yang akan banyak memanfaatkan waktu dirumah. Sehingga, tidak akan ada kekurangan LPG. Jika biasanya untuk ramadhan dan Idul Fitri, stok ditambah 4 persen, kali ini lebih.

“Karena Covid-19, masyarakat banyak dirumah, kita tambah menjadi 10 persen. ada penambahan 4 persen. Secara umum, di Kepri ada pemambahan atau ekstra, karena pandemi Covid19,” sambungnya.

Tidak hanya itu, selama idul fitri, diakui jika petugas Pertamina tetap ada yang berjaga. Petugas akan mendistribusikan gas dan bahan bakar minyak (BBM) tetap normal, seperti biasa. Sehingga walau Idul Fitri, kebutuhan masyarakat terpenuhi.

“Ada 130 pangkalan dan 39 SPBU yang berfungsi sebagai pangkalan gas di Kepri. Jadi SPBU juga siaga,” beber William.

Dibeberkan William, untuk bahan bakar minyak (BBM) stok selama Idul Fitri. Pertamax turbo sebanyak 387 KL mampu bertahan hingga 12,2 hari, pertamax. 92 sebanyak 4.143  KL bertahan hingga 14,2 hari, premium sebanyak 7.337 KL bertahan hingga 12,8 hari, Pertadex sebanyak 3.074 KL bertahan hingga 63,5 hari, Bio Solar sebanyak 4.816 KL bertahan hingga 13,2 hari dan Marine Fuel Oil (MFO) sebanyak 1.647 KL hingga 51,1 hari.

“Stok kita di depot rata-rata diatas 10 hari. Kita juga memberikan program kredit ke SPBU biar mereka juga bisa memenuhi tangki mereka yang berada di SPBU. Stok ini berubah setiap hari, kalau stok berkurang kapal tangker akan antar lagi. Pokoknya kita jaga mampu bertahan diatas 10 hari,” papar William.

Listrik Aman Selama Lebaran

Sementara dipihak lain, Bright PLN Batam memastikan dan menjamin pasokan energi listrik selama bulan Ramadhan sampai dengan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah tercukupi dan aman. Bright PLN Batam juga selalu menerapkan upaya pencegahan penyebaran virus corona COVID-19 agar seluruh pegawai tetap dapat bekerja dengan maksimal.

“Saat ini kami memiliki daya sekitar 539 Mega Watt (MW), sedangkan beban puncak berada pada angka 415.5 MW, artinya kita masih punya cadangan daya sebesar 123.5  MW di atas beban puncak sehingga aliran listrik tetap bisa handal,” kata Plt. Direktur Utama sekaligus Direktur Operasi bright PLN Batam, Awaluddin Hafid, pada Rabu 20 Mei 2020.

Kendati demikian, Awal tetap mengimbau kepada para pelanggan untuk melakukan pengendalian pemakaian energi listrik. 

“Tapi masyarakat juga harus melakukan penghematan, jangan mubazir, sumber energi kita terbatas,” ujarnya.

Terkait layanan tengah pendemi corona COVID-19 ini, bright PLN Batam tetap berkomitmen untuk selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Batam. Salah satunya dengan menyiagakan petugas Quick Respond selama 24 jam untuk menjaga pasokan listrik dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran virus Corona. 

“Mulai dari H-5 Idul Fitri hingga semingu setelah Idul Fitri pemeliharaan jaringan terencana ditiadakan. Kami juga menyiagakan Contact Center 123 untuk layanan, jika ada permasalahan listrik yang dialami masyarakat, dapat menghubungi bright PLN Batam,” ujar Awal.

Pada kesempatan ini Awal juga meminta kontribusi pelanggan untuk sama-sama menjaga keberlangsungan serta pengembangan usaha kelistrikan dengan tetap membayar listrik tepat waktu. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here