Lurah Batu IX Banyak Terbitkan SKTM untuk PDB

0
732
MENUNGGU SURAT: Masyarakat memadati ruang pelayanan menunggu SKTM dan surat domisili di Kantor Lurah Batu IX Tanjungpinang, Rabu (5/7). F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Masyarakat di Lurah Batu IX Tanjungpinang terlihat antusias mengurus Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan surat keterangan domisili. Ini merupakan salah satu syarat untuk pendaftaran Peserta Didik Baru (PDB) 2017 ini. Pantauan Tanjungpinang Pos, Rabu (5/7) terlihat warga memadati ruang pelayanan Kantor Lurah Batu IX berada di Jalan Adi Sucipto, Batu IX Tanjungpinang.

Sambil memegang map berisi surat-surat, terlihat warga sedang bertanya syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan SKTM dan surat ketarangan domisili. Ada juga sebagian warga yang datang sedang duduk santai di kursi sambil menunggu giliran berkas disipakan ASN Kelurahan Batu IX Tanjungpinang.

”Ini tunggu nama anak saya dipanggil. Karena saya ngurus SKTM serta surat domisili,” kata wanita yang enggan dituliskan namanya. Warga mengurus SKTM dan surat domisili, sejak kantor pelayanan Kelurahan Batu IX Tanjungpinang dibuka, mulai Senin (3/7) hingga saat ini. SKTM dan surat domisili dipergunakan untuk memenuhi syarat mendaftarkan anak masuk tingkat SD maupun SMP di Kota Tanjungpinang.

Setiap sekolah di Tanjungpinang ditetapkan memberikan kuota minimal 30 persen kepada siswa tak mampu ditambah dengan prestasi. Sedangkan untuk jalur umum juga diminta melampirkan surat keterangan domisili.

Dua hari terhitung Senin (3/7) hingga Selasa (4/7), Lurah Batu IX Tanjungpinang, Fery Andana sudah mengeluarkan 78 SKTM untuk warganya. Berbeda dengan surat domisili, hanya 6 surat. Dituturkannya, untuk mendapat SKTM dan surat domisili hingga selesai, hanya butuh waktu 5-15 menit. Jadi, warga bisa tunggu dan langsung menerima.

”Kalau tidak ramai yang mengurus SKTM dan surat domisili, hanya hitungan 5-15 menit, SKTM dan surat domisili warga sudah selesai kita cetak hingga diteken,” kata Fery. Untuk mengurus SKTM dan surat domisili, warga harus melengkapi berkas persyaratan yang diminta. Mulai dari berkas fotokopi KK dan pengantar dari RT/RW setempat.

Berbeda diluar warga Batu IX Tanjungpinang, ia minta surat keterangan pindah dari tempat tinggal asalnya. ”Sambil mengurus surat pindah, kita tetap layani dan bantu warga untuk dapat surat domisili. Sehingga warga tersebut bisa menyekolahkan anaknya,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here