Mahasiswa Belajar Bikin Bibit Unggul

0
167
Mahasiswa KKN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Kelompok 12 saat belajar okulasi tanaman, Sabtu (25/7) bersama Kelompok Tani Segantang Lada Kampung Sumber Rejo Kelurahan Pinang Kencana Kota Tanjungpinang. f-adly/tanjungpinang pos

Mahasiswa KKN Stisipol Belajar Okulasi

Kelompok Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN-PM) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang belajar cara membuat bibit unggul tanaman dengan cara melakukan Okulasi.

TANJUNGPINANG – Pelaksanaan proses Okulasi tanaman tersebut dilakukan oleh Kelompok 12 Kota Tanjungpinang pada pelaksanaan KKN kelompoknya yang dilaksanakan untuk pada, Sabtu (25/7) bersama Kelompok Tani Segantang Lada Kampung Sumber Rejo Kelurahan Pinang Kencana Kota Tanjungpinang.

Isep Ilhami selaku Ketua Kelompok 12 mengatakan, kegiatan yang mereka lakukan pada minggu ke-3 pelaksanaan KKN yaitu dimulai dengan proses Okulasi pada tanaman dan panen ikan Nila.

”Kegiatan KKN kami kelompok 12 pada minggu ke-3 yaitu belajar teknik Okulasi pada tanaman. Yang bertujuan untuk mendapatkan jenis tanaman baru agar menghasilkan bibit unggul dan tahan akan penyakit,” ucapnya.

Okulasi tanaman yang dilakukan yaitu pada bibit tanaman advokat.

”Okulasi ini sama juga dengan sistem stek atau cangkok. Tapi Okulasi ini sedikit lebih cepat dan lebih bagus untuk proses membantu pertumbuhan tanaman,” jelasnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Tularkan Jiwa Wira Usaha ke Warga Desa

Ia melanjutkan, jika dibandingkan dengan hasil tanaman melalui teknik perbanyakan cangkok atau stek, tanaman okulasi juga memiliki kualitas yang lebih baik karena okulasi bisa menggabungkan dua sifat unggul dari masing-masing bagian tanaman yang awalnya berupa sifat unggul dari batang bawah.

”Jadi dari hasil okulasi ini nanti akan membantu sistem perakaran yang kuat dan bisa menghasilkan buah yang lebat pada tanaman tersebut,” tuturnya.

Selain Okulasi tanaman, Kelompok 12 KKN-PM Tanjungpinang juga membantu proses panen ikan nila yang ada di Kelompok Tani Segantang Lada lokasi mereka melaksanakan KKN.

”Saya dan anggota kelompok juga membantu panen dari hasil kolam ikan nila milik mitra kami. Dimana ikan nila dari mereka ada konsumen yang ingin membeli,” tambahnya.

Dengan kegiatan yang dilakukan Kelompok 12 ini sejalan dengan tema pada KKN Tahun 2019/2020 ini yaitu  ‘Mewujudkan Ketahanan Pangan Kepulauan Riau Melalui Pemberdayaan Masyarakat’.

Baca Juga :  163 Mahasiswa UMRAH Ikut Yudisium

Sebelum kegiatan ini, kelompok KKN-PM Stisipol Raja Haji ini juga sudah melakukan penanaman bibit yang telah mereka lakukan prosesnya minggu lalu.

Adapun bibit yang kelompok 12 ini tanaman yaitu bibit sayuran kangkung, bayam, kacang panjang dan mentimun.

Teknik perbanyakan tanaman dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya diantara melalui okulasi tanaman.

Okulasi tanaman atau lebih dikenal dengan penempelan mata tunas merupakan teknik perbanyakan yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat karena dapat meningkatkan kualitas tanaman menjadi lebih baik. Berikut merupakan penjelasan mengenai okulasi.

Okulasi merupakan salah satu teknik perbanyakan secara vegetatif buatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu tanaman melalui penempelan sepotong kulit pohon dengan mata tunas dari batang atas yang ditempelkan pada irisan kulit pohon lain dari batang bawah sehingga dapat tumbuh dan bersatu menjadi individu yang baru.

Okulasi adalah serangkaian teknik pembiakan tanaman secara vegetatif yang telah banyak dikembangkan oleh petani. Dalam melakukan okulasi pada tanaman diperlukan ketrampilan khusus supaya tujuan okulasi dapat berhasil.

Baca Juga :  316 Mahasiswa UMRAH Jalani KKN

Arti batang bagian bawah yang digunakan untuk okulasi diharuskan mempunyai sistem perakarannya yang baik, sedangkan batang bagian atas biasanya dipilih yang memiliki hasil tanaman yang memiliki kualitas baik.

Terdapat dua macam teknik okulasi yang baisa diterapkan yaitu teknik okulasi tradisional dan teknik okulasi hijau.

Okulasi disebut juga sebagai salah satu teknik perbaikan kualitas tanaman secara vegetatif buatan. Sama seperti jenis perbanyakan vegetatif buatan lainnya, okulasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bibit tanaman yang berkualitas baik.

Jika dibandingkan dengan hasil tanaman melalui dari teknik perbanyakan cangkok dan stek, cara tanaman okulasi memiliki kualitas yang lebih baik. (ADLY ‘BARA’ HANANI/net)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here