Mahasiswa Belajar Marketing Politik

0
531
ANGGOTA DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M Sitohang (kanan) foto bersama dengan mahasiswa FISIP UMRAH usai diskusi tentang marketing politik di Gedung DPRD Kota Tanjungpinang di Senggarang, Selasa (27/11). F-istimewa

Petrus Sitohang Diskusi dengan Mahasiswa FISIP UMRAH

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang belajar cara marketing atau pemasaran politik ke DPRD Kota Tanjungpinang, Selasa (27/11).

TANJUNGPINANG – SAAT itu, mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan UMRAH tersebut disambut anggota Komisi I DPRD Kota Tanjungpinang Petrus M Sitohang SE,Ak dari Fraksi PDI Perjuangan.

Berbagai pertanyaan disampaikan mahasiswa untuk menggali informasi, misalnya, apa motivasi Petrus maju jadi wakil rakyat dan apa upaya yang dilakukan untuk meyakinkan masyarakat agar memilih kembali dirinya ke depan.

”Jadi mereka itu datang untuk memperdalam mata kuliah pemasaran politik atau marketing politik. Untuk membedakan antara teori yang mereka pelajari saat kuliah dengan praktik yang dilakukan politisi di lapangan,” jelas Petrus, kemarin.

Baca Juga :  Mahasiswa Olah Biji Durian Jadi Keripik

Motivasi Petrus untuk maju lagi menjadi wakil rakyat ke DPRD Kepri agar bisa berbuat lebih banyak lagi untuk Tanjungpinang. Harusnya, kata dia, banyak yang bisa dilakukan untuk membangun pengembangan Tanjungpinang ini.

Misalnya, dengan memfasilitasi pertemuan Dinas Pariwisata Pemprov Kepri, Pemkab Bintan maupun Pemko Tanjungpinang untuk membahas pengembangan pariwisata di Tanjungpinang.

Nama Bintan cukup dikenal turis asing. Jumlah turis yang datang terus bertambah. Namun, sebagai daerah yang berada di satu pulau, turis Bintan tidak sampai ke Tanjungpinang.

Kemudian, katanya lagi, kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintahan bisa diperbanyak di Tanjungpinang sebagai Ibu Kota Provinsi Kepri, bukan di Batam sebagai kota industri. ”Masih banyak yang lain. Karena itu, saya maju ke provinsi agar bisa berbuat lebih banyak lagi untuk Tanjungpinang. Inilah salah satu yang ingin diketahui mahasiswa kemarin,” jelas Petrus lagi.

Baca Juga :  Mahasiswa Malaysia Teliti Bintan

Ia juga menjelaskan cara meyakinkan masyarakat agar memilihnya kembali nanti. Petrus mengatakan, sebagai incumbent, dirinya ada keuntungan tersendiri. Saat turun ke masyarakat, ia bukan menyampaikan visi misinya. Tapi datang untuk bertanya apa kendala yang dialami masyarakat itu sendiri. Masyarakat, kata dia, memerlukan perhatian wakilnya secara langsung di lapangan. Itulah yang dilakukannya selama ini. Sering belanja masalah ke masyarakat.

”Karena pengaduan lewat telepon tidak akan sama dengan kita turun langsung ke lapangan. Masyarakat lebih senang kita jumpai mereka di lapangan. Dan ada yang bisa kita bantu. Misalnya pengurusan KTP, KK yang terlalu lama. Kita fasilitas ke dinas terkait agar dipercepat. Hasilnya memang cepat. Dan ini sudah kita lakukan berkali-kali,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :  Berikan Pelayanan Kesehatan Gratis Untuk Masyarakat

Untuk mencari perhatian masyarakat, katanya, bukan dengan janji-janji semata. Namun, masyarakat harus dihargai, harus dihormati dan jangan dilupakan. Dengan turun ke masyarakat, itu bagian dari cara menghormati dan menyayangi mereka. Para mahasiswa mengangguk-angguk mendengar penjelasan Petus M Sitohang.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here