Mahasiswa Kembali Demo, Terkait Transparansi Program

0
1007
Salah satu mahasiswa melumuri tubuhnya dengan tanah liat, simbol oknum pimpinan yang kotor, di Kampus Dompak, UMRAH Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Salah satu mahasiswa  melumuri tubuhnya dengan tanah liat saat aksi unjuk rasa di depan Rektorat Kampus UMRAH di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (20/2) sekitar pukul 09.00.

Korlap aksi unjuk rasa, Kardoni Vernandes menyatakan, ini simbol bahwa oknum pejabat UMRAH kotor. Ada banyak praktik korupsi sehingga pendidikan tidak maju. Unjuk rasa kali ini, mahasiswa menuntut, pimpinan UMRAH  menyampaikan rencana kerja dan anggaran kementerian negara/lembaga.

Ini merupakan aksi kedua, setelah 12 Februari 2018 menyampaikan pernyataan sikap mahasiswa atas segala persoalan yang membuat buram visi UMRAH. Ia menilai, waktu seminggu tidak dimanfaatkan pimpinan UMRAH untuk melakukan komunikasi bersama mahasiswa.

Baca Juga :  Turis India Betah Berlama-lama di Kepri

“Sikap rektor yang hanya menyampaikan permintaan maaf melalui salah satu media nasional kurang tepat. Belum mengwakili seluruh yang diminta karena hanya ditujukan kepada mahasiswa baru,” tuturnya.

Sampai pukul 09.30, Rektor UMRAH, Prof Dr Syafsir Akhlus MSc belum turun menemui mahasiswa. Berbagai orasi dilakukan mahasiswa, mulai dari menyuarakan yel-yel, lagu himne UMRAH dan membacakan puisi.

Ia menilai, daftar isian pelaksanaan anggaran atau dokumen anggaran yang menjadi dasar setiap badan publik untuk melaksanakan setiap program dan kegiatan, sehingga harus ada transparansi dan publik berhak untuk mengetahui.

Baca Juga :  Meriahkan HPN, Pesawat TNI AU Dikerahkan

Pihak mahasiswa menilai pimpinan kampus telah mengangkangi aturan hukum karena tidak melaporkan rencana kerja dan anggaran kemeneterian negara/lembaga.

Badan publik dilarang merahasiakan dokumen tersebut, Hal ini sejalan dengan amanat Undang – undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14 Tahun 2008 Pasal 9 bahwa Badan Publik diamanatkan untuk mengumumkan Informasi Publik secara berkala.

“Informasi berkaitan dengan badan publik, kegiatan dan kinerja badan publik maupun laporan keuangan adalah Keterbukaan,” ujarnya di depan mahasiswa. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here