Mahasiswa STAIN-SAR Kepri Selesaikan PPL

0
145
MAHASISWI Prodi Ekonomi Syariah STAIN SAR berfoto disalah lembaga saat melaksanakan PPL. f-istimewa

BINTAN – Sekolah Tinggi Ilmu Agama Islam Negeri Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau, melalui Prodi Ekonomi Syariah telah selesai melaksanakan program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Adapun mitra yang menjadi sasaran mahasiswa PPL yakni di Lembaga Keuangan Syariah, Lembaga Bantuan Hukum, Notaris, Baznas dan Pengadian Agama.

PPL merupakan salah satu mata kuliah wajib, yang harus ditempuh oleh seluruh mahasiswa STAIN-SAR Kepri khususnya yang mengambil Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Ketua Prodi Ilmu Ekonomi Syariah STAIN SAR, Teddy Rahardi menjelaskan, dalam pelaksanaannya mahasiswa bersedia menyelesaikan tugas-tugas yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  Panorama Bawah Laut Terang

Maka dari itu, peserta PPL akan belajar serta mengamati terkait mengembangkan potensi keilmuan.

”Tujuan dari PPL ini memberikan pengalaman kepada mahasiswa, dalam bidang Hukum atau Lembaga Keuangan Syariah. Dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keilmuan, dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i. Untuk mengenal, mempelajari, dan menghayati permasalahan yang ada dimasyarakat dan Lembaga Syariah,” terang Teddy Rahardi, Minggu (13/9).

Untuk masa pelaksanaan PPL, lanjut dia, mahasiswa ditentukan yaitu sekitar dua bulan. PPL tersebut, sudah berjalan mulai bulan Juli lalu dan berakhir Jumat (4/9) lalu.

Baca Juga :  Mahasiswa Belajar Pupuk dan Olah Tanah

”Untuk kegiatan PPL ini, kami dari Program Studi Hukum Ekonomi Syariah meminta pamong. Atau pendidik disetiap lembaga. Tujuannya, agar mereka selalu diberikan ilmu, pengalaman dan pengetahuan yang harus mereka ketahui,” tambah Teddy.

Diketahui, mahasiswa selama mengikuti kegiatan PPL juga dituntut melakukan praktik pengembangan potensi diri, penelitian dan pengabdian kepada lembaga serta masyarakat.

Sehingga, mahasiswa dapat memadukan praktik pengalaman teori yang diperoleh dari kelas dalam upaya siap berada di tengah masyarakat sesuai kebutuhan.

Mengadakan kegiatan penelitian tentang berbagai persoalan yang terdapat pada lembaga tempat PPL dilaksanakan.

Baca Juga :  20 Putra-Putri Anambas Dikuliahkan di SBTI

Pengabdian kepada lembaga, yaitu melakukan kegiatan diluar kampus guna menyampaikan program dan eksistensi kelembagaan kepada pihak-pihak atau masyarakat, khususnya kepada lembaga tempat PPL.

Diakhir pelaksanaan PPL, mahasiswa diwajibkan menyusun Laporan PPL sebagai bukti telah melaksanakan kegiatan sesuai ketentuan. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here