Masih Menunggu Juknis dari KPU Pusat

0
303
Jupri Budi SE

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Anambas mengatakan saat ini pihak masih menerima petunjuk teknis dari KPU RI mengenai mekanisme logistik pemilu.

Sedangkan mengenai pengadaan logistik pemilu sejauh ini belum mengalami kekurangan. Beberapa logistik seperti kotak suara, bilik suara, tinta, sampul, karet sudah sudah sampai di Anambas. Pengadaan logistik tersebut disediakan oleh dari KPU Pusat, provinsi dan kabupaten.

”Kalau kotak, bilik suara dan surat suara diadakan oleh KPU Pusat. Tinta dan sampul dari KPU Provinsi sedangkan kabupaten hanya menentukan karet dan bantalan saja,” kata Jupri Budi, Ketua KPUD Kabupaten Kepulauan Anambas ketika dihubungi wartawan, Rabu (9/1).

Menurutnya, untuk merakit kotak suara dan bilik suara saja yang telah tiba di Anambas harus menunggu petunjuk teknis dari KPU Pusat. Untuk jumlahnya diakuinya ia tidak mengetahui secara pasti, namun pihaknya mengusulkan sebanyak jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) yakni ada 150 TPS.

”Soal distribusi kesetiap kecamatan juga akan diatur jumlahnya dari KPU RI sesuai dengan juknis nantinya,” terang dia.

Saat ini berencana akan turun langsung ke setiap kecamatan dalam rangka memberi pemahaman tentang sistem pemilih, sistem pencoblosan, menyampaikan untuk lebih cerdas memilih dan tidak terpengaruh dengan money politik dan hindari informasi hoaks.

”Saat ini kalau anggarannya tersedia, timnya akan turun langsung ke setiap kecamatan untuk melakukan sosialisasi tersebut hingga masa kampanye selesai atau masa tenang tiba,” sebut dia.

Lanjutnya, sejauh ini belum ada laporan atau surat dari Bawaslu terkait adanya pelanggaran calon terkait berkampanye atau sejenisnya. Jikalau pun ada tentu Bawaslu akan mengirim surat kepihaknya. Ia juga mengatakan, bahwa itu menjadi kewenangan oleh Bawaslu dalam melakukan pengawasan pemilu.

”Kalau soal pelanggaran pemilu itu menjadi kewenangan Bawaslu. Tapi sejau ini belum ada surat yang masuk atas adanya pelanggaran pemilu ke pihak kami,” tutup dia. (Ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here