Mau Umrah, Cek Harga Referensi Kemenag

0
588
Jemaah haji asal Kepri sebelum bertolak ke Tanah Suci.F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

SENGGARANG – Berapakah nominal yang harus dibayarkan bagi umat Muslim yang hendak menunaikan ibadah Umrah di Tanah Suci? Pada 2018 ini, Kementerian Agama RI sedang menyusun aturan standar tentang harga referensi penyelenggaraan ibadah Umrah di seluruh wilayah di Indonesia, termasuk Provinsi Kepulauan Riau.

“Standar biaya referensi di Indonesia termasuk di Kepri rata-rata Rp 20 juta per orang,” ungkap Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kanwil Kemenag Kepri, Subadi, Jumat (2/2).

Harga referensi bukan harga terendah. Subadi menjelaskan, harga referensi adalah harga standar yang bisa dipatok biro perjalanan yang melayani ibadah Umrah.

Baca Juga :  Dualisme Berakhir, Urus Izin Lebih Mudah

“Sekali lagi itu bukan harga terendah, melainkan harga yang wajar. Jadi kalau ada yang menawarkan di atas Rp 20 juta itu sebenarnya tidak boleh, akan tetapi tergantung calon jemaah dengan pihak penyelenggara. Kalau ada yang menawarkan di bawah Rp 20 juta, itu yang harus dipertanyakan,” jelas Subardi.

Beberapa waktu lalu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI sudah melangsungkan sosialisasi perhitungan realistis tarif perjalanan Umrah bersama jajaran kerja Kemenag dan Biro Perjalanan. Dari situ didapati angka bahwasanya penerbangan dari Jakarta biayanya Rp 20 juta.

Baca Juga :  Admin Website BPNB Kepri Terbaik 2018

“Karena harga referensi ini sudah dihitung termasuk untung dari pihak penyelenggara,” pungkas Subadi. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here