Mengabdi Sejak Awal Perkulihan Dimasyarakat.

0
748
f-xxx/tanjungpinang pos Y:\Berita Hari ini\KAMPUS-10-Mahaiswa sedang mengecat dinding rumah ibadah Masjid, saat turun bakti sosial di masyarakat.jpg

TANJUNGPINANG – Mengabdi di tengah masyarakat. Mahasiswa tidak hanya menunggu kesempatan, pada saat mengikuti mata Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk turun ke masyarakat.

Hal itu bisa dilakukan bersama rekan-rekan satu kelas, dengan program studi (Prodi) yang sama. Seperti melakukan mengerjakan yang diberika tugas oleh dosen mata kuliah, bahkan bisa mempelajari dan turun sendirian kemasyarakat tersebut.

Hal itu disampaikan Shahril S Sos MPM, dosen prodi Ilmu Pemerintahan kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintah (Stisipo) Raja Haji Tanjungpinang.

”Mengabdi di masyarakat wajib bagi insan akademik. Tujuannya adalah menyelaraskan setiap antara ilmu teori dan kenyataan dilapangan,” ujar Shahril, Jumat (10/2).

Baca Juga :  Himsos Stisipol Perkuat Sosiologi Pariwisata

Masyarakat luas sangat menanti ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa, meski mahasiswa itu masih memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan kuliahnya.

Menurut Shahril, mahasiswa jangan hanya menunggu KKN atau setelah lulus untuk mengamalkan ilmu yang telah diserap dari bangku kuliah.

”Dengan mengamalkan ilmu semasa masih kuliah, justru sebagai menjadi aplikasi pembelajaran nyata dan membawa kemajuan dimasyarakat,” sebutnya.

Pada kesempatan itu, mahasiswa akan lebih mengerti serta mampu menjawab persoalan-persoalan aktual yang terjadi di lingkup pemerintahan dan masyarakat.

Baca Juga :  Semua Layanan Terintegrasi

Mahasiswa Ilmu Pemerintahan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Wahyu mengatakan, pada masa mengikuti ilmu perkuliahan dari semester awal adalah kesempatan untuk mempelajari ilmu di tengah masyarakat.

”Awal mengikuti perkuliahan pada umumnya ilmu teori, dan alangkah baiknya teori kita uji di lapangan pada situasi sesusungguhnya,” jelas Wahyu.

Menurutnya teori tersebut akan mudah disesuaikan pada mata kuliah yang berkaitan di semester berikutnya, namun Wahyu menilai usaha itu hanya perlu dukungan niat.

Baca Juga :  Pemkab Bangun Asrama Mahasiswa

”Cara lainnya adalah mengikuti diskusi bersama teman-teman di kampus,” ungkapnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here