Menhub Siapkan Pengganti Bukit Raya

0
634
KM BUKIT RAYA

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI segera menyiapkan kapal pengganti KM Kelud Raya yang kandas di perairan Sedanau Natuna akibat menabrak karang, Jumat (18/5) lalu.

TANJUNGPINANG – SEJAK kapal itu kandas, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun langsung meminta Brigjend Jamhur Ismail untuk menghubungi pihak PT Pelni dan Kemenhub untuk menyiapkan kapal pengganti KM Bukit Raya.

Jamhur Ismail mengatakan, dirinya sudah koordinasi dengan pihak Kemenhub termasuk Pelni. ”Nanti Kemenhub yang akan menyediakan kapal penggantinya. Mereka minta ada permintaan tertulis dari Pak Gubernur,” ujar Jamhur yang dihubungi via ponselnya, Minggu (20/5).

”Sekarang saya lagi buat konsep suratnya. Mudah-mudahan besok langsung bisa diteken pak gubernur, segera kita kirimkan ke Jakarta. Kita selesaikan dulu urusan administrasinya,” tambah Jamhur.

Saat ini, masih ada kapal Sabuk Nusantara 30 dan Sabuk Nusantaar 39 yang melayani Natuna, Anambas, Tambelan dan beberapa daerah lainnya termasuk ke Kijang dan Tanjungpinang. Namun, dengan tidak beroperasinya KM Bukit Raya, akan mengganggu arus penumpang ke daerah pulau terluar tersebut. ”Apalagi mau mudik lebaran, penumpang harus dilayani. Makanya kita berharap kapal itu bisa dikirim secepatnya nanti,” bebernya.

Jamhur mengatakan, berdasarkan informasi yang diperolehnya dari pihak Pelni, kapal itu tidak akan bisa dioperasikan dalam beberapa bulan ke depan. Karena prosesnya cukup lama mulai dari menarik kapal dari perairan Natuna ke lokasi shipyard untuk naik dok atau perbaikan.

”Berbulan-bulan itu baru siap diperbaiki mulai dari proses penarikan kapal dari Natuna. Karena posisi kapal saat ini sudah masuk air. Jadi harus dipompa dulu, dibikin karet. Teknis mereka yang tahu. Jadi tak segampang perkiraan,” tambahnya lagi.

Ia menyampaikan, beruntung dalam kejadian tersebut seluruh penumpang selamat dan sudah kembali ke kampung halaman mereka.  Lebih lanjut Jamhur menyampaikan, jika Menhub dan PT Pelni belum bisa mencari pengganti nantinya, maka kata dia, pasti bakal terjadi penumpukan calon penumpang yang akan melakukan mudik lebaran nanti.

”Apalagi Bukit Raya ini satu-satunya kapal yang melakukan perjalanan jauh selama ini, khusus melintasi wilayah Kepri. Kita khwatirnya, nanti kalau tak ada kapal pengganti malah terjadi penumpukan penumpang,” terang Jamhur.(MARTUNAS-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here