Menteri Pariwisata Bahas KEK Natuna & Anambas

0
879
INDAH: Salah satu kawasan pemukiman penduduk di Anambas nampak indah dilihat dari atas bukit. F-suhardi/tanjungpinang pos

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Pemprov Kepri Buralimar, mengatakan, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya akan bertandang ke Tanjungpinang, Senin (3/4) hari ini.

Tanjungpinang – KEDATANGANNYA untuk memimpin rapat terbatas (Ratas) dengan seluruh wali kota dan bupati serta pelaku pariwisata di Kepri terkait telah ditetapkannya Kepri sebagai Gerbang Utama Wisata Bahari Indonesia sejak tahun 2016 lalu.

”Besok (hari ini, red) Menpar Arief berkunjung ke Tanjungpinang lewat Bandara Hang Nadim Batam. Pagi-pagi kita jemput beliau naik feri ke Tanjungpinang dan langsung ke Hotel Aston Tanjungpinang, untuk menjadi pembicara terkait rapat koordinasi pariwisata Provinsi Kepri,” jelasnya.

Buralimar melanjutkan, kedatangan menteri ke Tanjungpinang tentunya juga difasilitasi Gubernur Kepri H Nurdin Basirun untuk menjaga konsentrasi dan komitmen pemerintah kabupaten dan kota Provinsi Kepri, sebagai langkah memandang pentingnya peningkatan sektor pariwisata, Indonesia khususnya di Kepri.

Baca Juga :  Isdianto Ajak Marga Parna Bangun Kepri

”Kedatangannya itu pun, sekaligus membahas percepatan pembangunan dan langkah konkrit Anambas dan Natuna yang diperhitungkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata,” bebernya.

Selanjutnya, kata dia, Menpar Arief juga datang ke Tanjungpinang sehari itu tidak sendirian. Dia selain ditemani Gubernur Kepri, juga didampingi Mensekneg, Pejabat Deputi seperti Deputi bidang Pemasaran, Pengembangan Kelembangaan, Destinasi dan Industri.

”Jadi tidak hanya Menpar yang menjadi keynote speech, melainkan juga kita minta para pejabat deputinya menyampaikan pandangan kepada kita di Kepri,” tegasnya.

Tentunya kedatangan beberapa kali Menpar Arief ke Tanjungpinang ini, menjadi apreasi dan penghragaan yang tak terhingga. Ia menyampaikan, di depan para pejabat eselon I Menpar nanti, tidak ada permintaan khusus, selain mendukung pertumbuhan pariwisata di Kepri.

Baca Juga :  Hindari Narkoba, Tes Urine Jadi Agenda Rutin

Ia pun meminta agar Menpar turut mendukung promosi wisata di Kepri sampai ke tingkat nasional maupun internasional.

Kita ketahui, kata dia, Natuna dan Anambas selama ini menjadi pulau yang terpendam. Padahal, sektor wisatanya kalau dipromosikan, pasti banyak pengunjung yang dari luar Kepri tertarik dan terdorong ingin ke daerah itu.

Nanti lewat Natuna dan Anambas sektor pariwisata kepri juga dikenal, jadi tidak hanya Bintan. Karena Bintan sesungguhnya bukan lah, identik dengan pariwisatanya, melainkan kawasan industri perdagangan.

Jadi nanti di depan Menpar, Buralimar menyampaikan, Gubernur Kepri akan meminta dukungan kepada Menpar agar pariwisata di masing-masing daerah di Kepri terus didorong.

Supaya 3 juta pengunjung ke Kepri sesuai target nasional tercapai dengan baik. Tahun 2017 ini, sesuai konsentrasi promosi wisata, Kepri mulai menggelar promosi tidak hanya di tingkat nasional, melainkan sampai Singapura maupun Malaysia.

Baca Juga :  Perlu Kesadaran Setiap Keluarga

”Target kita tetap wisman Singapura dan Malaysia harus yang paling besar ke Kepri. Setelah itu kita pun siap melirik, wisman dari Tiongkok, India dan negara maju dan berkembang lainnya untuk menyumbang pendapatan asli daerah ke Kepri lewat berwisata,” terangnya demikian.

Menpar menetapkan Kepri sebagai gerbang utama wisata bahari untuk Indonesia karena menyimpan objek wisata yang sangat indah. Apalagi, Kepri lokasinya strategis dan lautnya sangat luas, yakni 96 persen.(Suhardi-Martnas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here