Minat Belajar Membatik Masih Rendah

0
542
Ketua Bedelau Batik Tanjungpinang, Tyas Susilowati sedang menunjukkan cara membatik f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Minat masyarakat Kota Tanjungpinang untuk belajar membantik masih minim. Wajar, hasil membatik di Tanjungpinang tidak terkenal seperti daerah penghasil batik dari Pekalongan, Madura, Cerebon, Bali, Kalimantan dan Papua. Sarana dan prasana untuk belajar membantik juga masih minim, baik milik pemerintah maupun swasta.

Ketua Bedelau Batik Tanjungpinang, Tyas Susilowati mengatakan, pelatihan cara membatik perlu dilakukan oleh pemerintah sehingga kerajinan batik bisa diterapkan ditengah masyarakat Kota Tanjungpinang. Dan, masyarakat mau belajar membatik.

Kata dia, karena membatik di Tanjungpinang belum ada gaungnya atau masih minim peminat. Ia mendukung sepenuhnya dengan Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperdagin) mengadakan kegiatan pelatihan membatik di worshop milik pemerintah.

Baca Juga :  Satgas Pangan Cek Pasar, Harga Normal

”Kita ingin memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap kerajinan membatik,” kata Tyas disela selesai pembukaan kegiatan pelatihan membatik yang dibuka secara resmi oleh Asisten Pemko Tanjungpinang, Irwan di Gedung Pusat Oleh-oleh Tanjungpinang berada di Tepilaut Tanjungpinang, baru-baru ini.

Menurutnya, keinginannya terhadap kerajinan batik adalah mengangkat kearifan lokal di Kota Tanjungpinang. Jadi, motif yang tampil dibatik adalah khas Melayu. Seperti motif elang laut, terganteng lada, akis tidak melulu, itik pulang petang. ”Sebagian motif itu sudah kita terapkan untuk dibatik yang akan belajar membatik,” ucap dia.

Baca Juga :  Sayuran Banyak Didatangkan dari Luar Negeri

Setiap motif, lanjut dia, pasti ada sinopsis dan cerita serta makna. Seperti motif kupu-kupu dan ikan sembilang. Kupu-kupu berseri-seri itu maksudnya, menggambarkan bahwa Deklaranasda adalah yang memiliki tempat dan untuk mengayomi masyarakat agar masyarakat bisa memanfaatkan worshop tersebut. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here