Mudik, Peserta JKN KIS Bisa Berobat Gratis

0
476
Pegawai BPJS Kesehatan melayani masyarkat di kantor Cabang Tanjungpinang. f-desi/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Peserta JKN-KIS yang sedang mudik Lebaran tahun ini, dapat mengakses pelayanan kesehatan tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat.

Hal ini dikatakan Kepala BPJS Kesehatan Tanjungpinang, dr Leni Marlina Manalu didampingi
beberapa kepala bidang saat konferensi pers di Kantor BPJS Kesehatan di Jalan Soenaryo, Senin (4/6).

Ia menuturkan, apabila peserta JKN KIS membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota dapat memperoleh pelayanan kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.

Begitu juga bagi peserta keadaaan gawat darurat bisa langsung mengakses pelayanan ke tingkat lanjutan atau UGD rumah sakit di wilayah mudik.

Dituturkannya, penerapan kebijakan itu berlaku H-8 sampai H+8 atau 7-23 Juni 2018 mendatang. Mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

Meski demikian, Leni mengingatkan, untuk mendapatkan pelayanan kesehatan tersebut, setiap peserta harus memastikan kartu aktif. Ia berpesan agar peserta telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran sebelum tanggal 10 setiap bulannya.

“Kami menyarankan khusus peserta bukan penerima upah atau mandiri, sistem pembayaran sudah auto debet di salah satu dari tiga bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Lebih mempermudah agar peserta tidak lupa bayar,” tuturnya.

Untuk mempermudah peserta mengecek apakah ada tunggakan atau tidak, kini bisa mengakses melalui ‘Mobile JKN’.

Di aplikasi tersebut bisa mengakses sembilan fitur termasuk kartu peserta JKN KIS digital. Jadi bila saat mudik, peserta lupa membawa kartunya tetap bisa menerima pelayanan dengan menunjukkan kartu melalui aplikasi tersebut.

Dijelaskannya, meskipun peserta belum belum men-dwonload Mobile JKN KIS dan tak membawa kartu JKN KIS tetap bisa menerima pelayanan, dengan menunjukan KTP.

“Kita mempermudah pelayanan, bahkan peserta hanya menunjukkan NIK KTP tetap dilayani petugas pelayanan kesehatan di FKTP maupun rumah sakit,” ungkapnya.

Leni memastikan bahwa 90 FKTP dan 10 rumah sakit di wilayah kerjanya, yaitu Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Abambas dan Natuna sudah siap memberikan pelayanan kepada pasien pendatang saat mudik Lebaran maupun peserta setempat.

Pihaknya telah melakukan komunikasi secara lisan maupun mengirimkan surat secara tertulis ke setiap rumah sakit terkait penerapan program Mudik Nyaman bersama BPJS Kesehatan. Begitu juga di FKTP.

Pihaknya juga sudah membentuk grup melalui aplikasi WhatsApp yang terdiri dari kepala rumah sakit atau kepala FKTP. Sehingga bila ada kendala bisa segera di komunikasikan.

“Saya memastikan bahwa setiap peserta JKN KIS yang membutuhkan pelayanan kesehatan akan dilayani. Ini berlaku di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Di samping itu, selama libur lebaran 2018, masyarakat juga dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care center 1500 400 yang beroperasi 24 jam termasuk hari minggu dan libur. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here