Musim Hujan, Waspadai Penyakit Demam Berdarah!

0
756
BANJIR: Kawasan Bintancenter saat banjir, Kamis (4/5). Hampir setiap hari Ibu Kota Provinsi Kepri diguyur hujan, warga diminta harus waspada terhadap penyakit demam berdarah. F-ANDRI DS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan di musim hujan seperti saat ini. Banyak penyakit yang rentan menghinggapi warga jika tak menjaga kesehatan. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam mengatakan, ada banyak penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan.

”Musim hujan seperti saat ini selain berpotensi Demam Berdarah Dengue (DBD) juga berpotensi menimbulkan penyakit ISPA dan diare. Sumber air bersih bisa tercemar. Makanya, pengelolaan air minum harus dimasak sampai mendidih,” kata Rustam, kemarin.

Saat hujan, banyak warga menampung air hujan. Bila menampung air hujan terlalu lama, bisa menimbulkan jentik-jentik nyamu, apalagi tempatnya tidak ditutup.

Baca Juga :  Terkendala Modal Usaha

Lama-lama menjadi tempat jentik nyamuk berkembang dan menyebarkan penyakit. Meskipun kasus DBD di Tanjungpinang terus menurun. Per Januari-April 2017 baru ditemukan 26 kasus, berbeda dengan periode Januari-April 2016 lalu, mencapai 189 kasus, namun warga tetap waspada.

”Yang harus dilakukan masyarakat adalah menjaga kebersihan lingkungan, menjaga ketahanan tubuh,” tegasnya.

Menurutnya, masyarakat harus rajin melakukan pemberantasan sarang nyamuk. Gerakan pemeriksaan jentik nyamuk perlu digalakkan kembali. Bila ada genangan air di sekitar rumah, seperti genangan air di ban bekas, botol harus segera di bersihkan. Selain itu, penyakit lain yang biasa menghinggapi masyarakat adalah diare dan penyakit kulit serta flu dan batuk.

Baca Juga :  Anak Lahir Langsung Dapat Akta

”Udara dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh, apalagi kalau sering kehujanan. Makanya, rentan masuk penyakit,” tuturnya.

Yang harus dilakukan masyarakat adalah makan makanan yang bergizi, banyak istirahat dan banyak olahraga seperti jalan pagi, lari sore bahkan naik sepeda.

”Hidup pola sehat yang harus dilakukan masyarakat kita supaya tetap sehat,” tegasnya.

Rustam juga minta kepada masyarakat jangan sampai sakit keras baru pergi ke pelayanan kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

”Baiknya bila ada gangguan kesehatan dirasakan segera cek kesehatan di pelayanan kesehatan terdekat. Jangan biarkan penyakit semakin parah baru berobat di rumah sakit atau puskesmas,” tegasnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here