Nafsu Besar, OPD Strategis Minim Anggaran

0
573
KETUA Pansus RPJMD Fiven Sumanti mendengarkan penjelasan kekuatan anggaran dari OPD, untuk mencapai target pembangunan.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Panitia Khusus (Pansus) revisi RPJMD DPRD Kabupaten Bintan telah memanggil sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), guna menyinkronkan visi misi pembangunan lima tahun depan. Namun, OPD yang dinilai strategis dan diberikan target besar untuk mewujudkan pembangunan, justru diberikan alokasi anggaran yang minim.

”Ada beberapa OPD yang diberikan target besar, dalam pencapaian pembangunan lima tahun ke depan. Tapi, minim anggaran. Nafsu besar, kekuatan anggaran tak ada,” kata Fiven Sumanti, Ketua Pansus revisi RPJMD DPRD Bintan, kemarin.

Baca Juga :  Normal Baru Diberlakukan, Sat Shabara Pantau Kawasan Lagoi

Fiven mengungkapkan, pihaknya sudah memanggil OPD strategis untuk mewujudkan pembangunan daerah itu, baru-baru ini. Antara lain Dinas PUPR, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Dinas Koperasi UKM dan Perindag.

Untuk Dinas PUPR, kegiatan yang mesti dijalankan sangat banyak. Terutama yang berkaitan dengan infrastruktur jalan, jembatan dan fasilitas umum lainnya. Untuk Dinkes, masih ada belasan ribu warga Bintan yang belum terdaftar di BPJS. Sementara, aturan dari pusat sudah ditegaskan, tahun 2019 ini semua warga didaftar sebagai peserta BPJS, dari pemerintah setempat.

Baca Juga :  Terjatuh, Tukang Rumah Milik ’Bos Penginapan’ di Kijang Meninggal

Pada Dishub, lanjut Fiven, masih banyak prasarana perhubungan dan pelabuhan rakyat (pelantar) dan fasilitas perhubungan lainnya yang mesti dibenahi. Tapi, Dishub hanya diberikan alokasi dana yang sangat minim, cuma sekitar Rp 5 miliar. Padahal, banyak anggaran yang diperlukan. Begitu juga dengan Dinas Koperasi UKM dan Perindag, banyak UKM yang perlu dibina.

”Tapi itu lah, anggaran yang dialokasikan sangat kecil. Justru itu, kalau anggaran yang dialokasikan kecil, target pembangunan dari OPD itu yang mesti kita turunkan. Namun demikian, ada juga beberapa OPD yang melebihi target kinerjanya, seperti DPPRD dan Disdik,” jelas Fiven Sumanti. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here