Natasha Andana Ratu, Penulis Novel Wanita Pertama di Kepri Berbahasa Inggris

0
206

TANJUNGPINANG – Menulis hingga menerbitkan buku Novel ke dalam sebuah buku berbahasa Inggris memang bukan perkara mudah. Apalagi dengan seleksi ketat dari para penerbit.

Natasha Andana Ratu (N. A. Ratu) merupakan penulis Novel wanita Kepulauan Riau dalam Bahasa Inggris. Ia memiliki talenta menulis secara otodidak. Karya perdananya berjudul “I Chose My Own Destiny” atau “Kuputuskan Tujuan Hidupku Sendiri”.

Banyak Orang pintar menulis Novel tapi belum tentu bisa mengunakan dalam bahasa Inggris. Sebaliknya, orang yang pintar menulis novel berbahasa Inggris, tentu lebih bisa menulis dalam bahasa Indonesia.

Natasha Andana Ratu, akrab disapa Natasha penulis Novel pertama mengunakan bahasa Inggris. Ini diakui langsung Penyair Abdul Kadir Ibrahim yang akrab dengan nama Akib meraih Anugrah Jembia Emas 2019 yang ditaja Yayasan Jembia Emas.

Gadis yang sekarang berkuliah salah satu perguruan tinggi di Indonesia, pernah kuliah 2,5 tahun di Singapura, masih terus berkarya. Dalam waktu dekat ini, buku Novel perdananya “I Chose My Own Destiny” akan launching. Tebal buku Novel tersebut 272 halaman, termasuk propil penulis.

Karya pertama yang dibagikannya melalui Wattpad adalah Natasha Tasyaar. Siapa sangka, ternyata Natasha Tasyaar menyita perhatian banyak pembaca di dunia maya. Kini, buku sudah dibaca lebih dari 200 ribu orang umumnya dari luar negeri.

Baca Juga :  Puncak HAN: Ingin Kembali Ke Sekolah

Awalnya,ia memang tidak tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia juga sangat bosan kalau disuruh membaca buku. Entah kenapa, pada 2017 lalu, ia mulai rajin menulis, bahkan menulis sudah bagian dari hidupnya.

Sebenarnya bukan hanya itu, ada faktor-faktor yang mendukung mengapa ia tertarik untuk menulis. Ia merasa lega sekali jika harus mengeluarkan semua isi hati lewat tulisan. Lama kelamaan, ia semakin suka menulis. Bahkan kalau ia mimpi, isi mimpi itu jadi tulisan.

Hobinya saat ini didukung kedua orang tuanya. Ia putri bungsu dari tokoh masyarakat Kepri Andi Anhar Chalid. Ia pun mencoba peruntungan dengan mengunggah tulisannya di Wattpad. Novel perdananya berjudul “I Chose My Own Destiny” atau Kuputuskan Tujuan Hidupku Sendiri.

Alumni SMA Pelita Nusantara (Pelnus) Kota Tanjungpinang, tidak pernah kursus bahasa Inggris. Ia pintar berbahasa Inggris karena lingkungan. Di rumahnya, keluarganya sering berbahasa Inggris. Bahkan saat kuliah di Singapura, setiap hari harus berbahasa Inggris.

Baca Juga :  Sistem Zonasi Sumber Bermasalah

Menurutnya, novel ini “I Chose My Own Destiny” bukan sekedar novel biasa. Syarat dengan cerita-ceritanya misterius dan menarik. Disamping itu buku ini juga mengajarkan kita memahami bahasa Inggris, tata bahasa (grammar) dan penggunaan kata demi kata bahasa Inggris.

Novel ini apabila dibaca oleh masyarakat Kepri maupun Indonesia secara umum, jika kita mampu menerjemahkan secara baik dari halaman pertama hingga akhir. Sehingga kita akan bisa menggunakan bahasa Inggris, yaitu berbicara, membaca dan menulis.

“Saya harapkan buku ini menjadi referensi bagi adik-adik yang sedang belajar bahasa Inggris, maupun orang dewasa untuk cepat bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik. Karena novel ini juga sudah melalui proses akhir dengan menggunakan Grammarly, sehingga terjamin kata demi kata sudah tertulis secara baik,” kata N.A.Ratu

Kemudian, novel ini akan saya sayembarakan untuk diterjemahkan oleh siapapun yang membaca novel ini dan penterjemah terbaik akan mendapatkan hadiah yang menarik dari saya.

Disamping itu, novel ini akan di diterbitkan dalam bahasa Indonesia, bagi penterjemah yang mendapat predikat terbaik akan dicantumkan namanya dalam novel versi Bahasa Indonesia.

Sipnosis dalam novel ini, namaku adalah Skylar Willow. Kebanyakan orang akan mengira kalau aku adalah gadis remaja normal berusia 17 tahun.

Baca Juga :  Ditolak BC, Kasus Mikol Diserahkan ke Kemendag

Tapi aku tidak normal. Tidak… aku adalah yang sering disebut monster. Monster berkulit dingin tanpa jiwa. Semuanya terjadi karena sebuah kejadian saat aku masih manusia dan mengubah hidupku selamanya.

“Skylar… meskipun kamu adalah vampir. Kamu masih bisa hidup dengan bahagia… sepertiku…” dia berkata. Aku tersenyum kepadanya. “Baiklah… aku tidak akan… Aku akan coba untuk hidup dengan bahagia…” Kataku.
Meskipun semuanya tidak akan sama lagi setelah aku udah bukan manusia. Aku tidak akan membiarkan Hal itu menghentikanku.

Mulai sekarang… aku putuskan apa yang membuatku bahagia. Aku putuskan bagaimana hidupku.

Ditemui dikediamannya,Natasha ingin novelnya mengunakan Bahasa Inggris dibaca oleh pelajar di Tanjungpinang dan Kepri umumnya. Tujuannya, agar pelajar bisa belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan buku tersebut, bisa menghubungi dirinya, melalui Natashaandana1997@gmail.com atau Instagram NatashaTasyaar. Harganya, cukup Rp80 ribu.(bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here