Natuna Harus Jadi Kota Sehat

0
502
SEKDA Pemkab Natuna Wan Siswandi saat memimpin Rapat koordinasi tentang kota sehat. F-ISTIMEWA

NATUNA – Memelihara dan menjaga kota yang bersih dan sehat sangat sulit jika tidak didukung dari masyarakatnya. Oleh sebab itu, perlu adanya Peratuan Daerah (Perda) yang mengatur tentang pengertian kota sehat.

Sebab, sudah menjadi keharusan bagi setiap wilayah untuk menerapkan atau menjadikan daerahnya sebagai kota sehat. Maka dari itu, guna mewujudkan hal itu perlu adanya kegiatan yang bisa menciptakan kota sehat.

”Untuk menciptakan kabupaten yang bersih, maka perlu ada kegiatan yang akan dilaksanakan dengan beberapa tahapan agar tujuan kota sehat tercapai. Pertama kita harus membuat perda terlebih dulu,” kata Wan Siswandi, Sekda Natuna saat membuka acara pembentukan Kota Sehat di ruang rapat kantor bupati, Rabu (10/1).

Baca Juga :  Bentuk Tim Atasi Masalah Guru Honor

Wan Siswandi menjelaskan, ada beberapa peraturan dari Bupati yang harus di laksanakan agar terwujudnya kota sehat di Kabupaten Natuna. Pada Peraturan Bupati (Perbup) itu ada ketetapan seperti jumat bersih, senam kesegaran jasmani, penataan penjualan ikan dan ayam potong yang harus dirapikan, pemeliharaan burung atau ternak, pemeliharaan sungai, penataan rumah di simpang tiga Puskesmas Ranai, penataan Kampung Penagi serta Program SKS.

”Pada pertemuan kali ini lebih kepada ke teknis. Sementara, untuk kegiatan yang sudah tersaji harus kita laksanakan. Jadi percuma juga kalau kita tidak adakan, tetapi tidak di tindaklanjuti percuma saja,” jelasnya.

Baca Juga :  Kerukunan Beragama, Jadi Contoh di Indonesia

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Forum Kota Sehat (FKS) Ibu Nurhayati Hamid Rizal mengatakan, sudah saatnya Kabupaten Natuna bisa menjadi percontohan bagi kabupaten lainnya.

”Kami dari FKS tidak akan tinggal diam dan terus menerus mengundang kepala OPD untuk mengingatkan tugasnya masing-masing, supaya bisa terhujudnya kota sehat di Kabupaten Natuna,” tegasnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here