November, Mal Pelayanan Diresmikan

0
430

BATAM – Jika tidak ada aral melintang, mal pelayanan yang akan disiapkan di gedung Sumatera Promotion Centre (SPC), akan diresmikan 30 November 2017. Diharapkan, dengan mal pelayanan, perijinan di Batam bisa diselesaikan dengan cepat. Selain itu, dokumen atau persyaratan dan birokrasi lebih dipersingkat dan dikurangi. Sehingga perijinan diharap lebih cepat selesai.

Demikian diungkapkan Wali Kota Batam, HM Rudi, di Batam. Namun tidak dijelaskan, siapa saja pejabat negara yang akan hadir, termaksud Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur. Namun informasi awal sebelumnya, mal pelayanan akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo. ”30 November Mal pelayanan diresmikan,” kata Rudi.

Diharapkan setelah mal pelayanan diresmikan, maka perizinan lebih cepat. Bahkan diharap, satu perijinan bisa keluar dalam lima menit. ”Supaya 5 menit bisa jalan. Tapi harus dipangkas persyaratan dan birokrasi. Kalau dulu 20 suratnya (untuk satu ijzn), sekarang harus satu suratnya. Sehingga investasi masuk,” imbuhnya.

Sementara Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad mengatakan, untuk mal pelayanan diharapkan ada regulasi pembentukannya. Setidaknya produk hukum tersebut dapat menjustifikasi bagi pemerintah Kota Batam dalam mengalokasikan anggarannya. ”Selain komitmen bersama seluruh stakeholder perlu adanya payung hukum dalam kami mengalokasikan anggaran,” jelas Amsakar.

Amsakar berharap mall pelayanan publik di Kota Batam sebagai pilot project ini dapat diluncurkan paling cepat pada akhir November atau awal Desember tahun ini. ”Pada APBD perubahan ini kami menganggarkan 3,1 miliar untuk ini dan posting kita di APBD tahun depan sebesar 1,8 miliar,” tambahnya.

Beberapa waktu lalu, dilakukan penandatanganan MoU (nota kesepahaman) antara Pemprov Kepri, Pemko Batam, dan BP Batam. Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kapolda Kepri. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here