November, Pendaftaran CPNS

0
840

Bulan Ini Diumumkan, Diterima 197.111 Orang

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dimulai, November 2019 bulan depan. Sedangkan tahapannya berupa pengumuman dimulai, Oktober ini.

TANJUNGPINANG – HAL ini berdasarkan surat yang beredar yang diterbitkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) No: B/1007/S.SM.01.00/2019 tentang Jadwal Tahapan Seleksi CPNS 2019.

Surat tertanggal 1 Oktober 2019 yang diteken SesmenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji itu tidak hanya meminta instansi pusat dan daerah menyiapkan anggaran dan infrastruktur. Dalam SE tersebut juga diselipkan jadwal tahapan pelaksanaan rekrutmen.

Pengumuman rekrutmen CPNS pada akhir Oktober hingga awal November. Pendaftaran mulai November. Pengumuman hasil seleksi administrasi, Desember. Massa sanggah, Januari 2020.

Baca Juga :  Pebalap Asing Borong Piala Tour De Bintan

Pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Januari 2020. Pelaksanaan SKD, Februari 2020. Pengumuman hasil SKD, Maret 2020. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), Maret 2020. Integrasi nilai SKD dan SKB, April 2020. Penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS, April 2020.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, jadwal tersebut sifatnya tentatif dan bisa berubah kapan saja.

”Estimasinya seperti itu. Mudah-mudahan tidak bergeser karena kan mau ada persiapan untuk pengadaan aparatur sipil negara (ASN) pertengahan tahun 2020,” kata Bima yang dihubungi JPNN.com, Rabu (2/10).

Dia lagi-lagi menegaskan, jadwal tersebut khusus CPNS jalur umum dan bukan untuk PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Baca Juga :  Lanal Dabo Gelar Lomba Kicau Burung dan Bazar Sembako Murah

Tahapan seleksi CPNS 2019 akan dimulai pekan ke-4 Oktober. Sebanyak 197.111 formasi disiapkan untuk para pelamar yang memenuhi persyaratan. Salah satunya adalah soal batasan usia maksimal 35 tahun.

”Maaf, rekrutmennya hanya untuk CPNS. PPPK tidak ada,” kata Bima Haria Wibisana.

Dia mengungkapkan, rekrutmen CPNS 2019 akan berlangsung hingga awal 2020. Di mana tahapan pengumuman, pendaftaran, seleksi administrasi dilakukan pada akhir Oktober hingga Desember 2019.

Kemudian pengumuman lokasi tes, pelaksanaan SKD dan SKB hingga penetapan NIP CPNS.2019 dilakukan mulai Januari sampai April 2020.

Baca Juga :  Galangan Batam Enggan Kerjakan Proyek Pusat

”Anggaran untuk tes CPNS 2019 sudah cair pada Januari 2020 makanya prosesnya dimulai Januari juga,” ujarnya.

Mengenai honorer K2, Bima menegaskan, tidak ada formasi khusus untuk mereka dalam penerimaan CPNS 2019. Seleksi dibuat terbuka dan semua yang memenuhi syarat bisa melamar.

Dia menambahkan, PNS itu bukan job opening. Itu kebutuhan negara dalam melayani masyarakatnya dan menjaga keberlangsungan pemerintahan.

”PNS itu pelayan masyarakat. Kalau untuk mencari kerja ya di luar pemerintahan,” pungkasnya. (MARTUNAS/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here