Oktober, Terima Mahasiswa Baru

0
412
PMERINTAH Kabupaten Lingga ketika menggelar rapat koordinasi Pembentukan Tim Poltek Pertanian Lingga.. f-istimewa

Angkatan Pertama, Gratis Setahun di Politeknik SMRS Lingga

Pemerintah Daerah Kabupaten (pemkab) Lingga akan segera mengoperasikan Politeknik Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) Lingga dan menerima mahasiswa baru, Oktober mendatang.

LINGGA – PENERIMAAN mahasiswa baru angkatan pertama tahun 2020 ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Tahun ini dibuka tiga Program Studi (Prodi) yakni, Pertanian, Perikanan dan Peternakan di kampus yang terletak di kawasan Implasement Timah, Dabo Singkep.

”Insyallah. nanti pada bulan Oktober kalau tidak ada halangan Politeknik kita sudah mulai dibuka yang berada di Implasement Timah,” kata Bupati Lingga Alias Wello di sela-sela sambutannya pada kegiatan acara syukuran desa persiapan Air Batu, Kecamatan Singkep Barat, kemarin.

Dikatakannya, nantinya Politeknik Lingga terdapat tiga program studi yakni Pertanian, Perikanan dan Peternakan yang masing-masing Prodi akan menerima sebanyak 15 orang mahasiswa.

”Itu Politeknik Lingga namanya. Ada tiga prodi itu nantinya dan untuk tahun pertama ini akan menerima mahasiswa masing-masing Prodi itu 15 orang dan nantinya untuk tahun pertama semua gratis tidak bayar,” beber Alias Wello.

Baca Juga :  Fakultas Kelautan Gagas I’m Blue agar Bebas Sampah

Politeknik Lingga tersebut merupakan salah satu wujud semangat Pemerintah Kabupaten Lingga membangun Kabupaten Lingga kearah yang lebih baik dengan menciptakan SDM yang berkualitas untuk membangun Kabupaten Lingga.

”Ini bukti keseriusan Pemkab Lingga dalam menciptakan SDM (SUmber Daya Manusia) yang berkualitas dan membangun Kabupaten Lingga di tiga sektor andalan di daerah ini,” sebutnya.

Tujuannya dibangun Kampus Politeknik Lingga tersebut, lanjut Alias Wello, ke depannya guna menciptakan generasi atau SDM yang lahir dari putra dan putri Kabupaten Lingga yang berkualitas melalui Kampus Politeknik Lingga tersebut.

Ia juga berharap dan berpesan kepada masyarakat dipenghujung kepemimpinannya sebagai Bupati Lingga, dapat bersama-sama menjaga dan membangun serta meneruskan perjuangannya dalam membangun Kabupaten Lingga ke depannya.

”Tahun ini kita sudah bikin strategi, kita juga harus mencetak kader kita sendiri melalui Kampus Politeknik Lingga,” imbuhnya. Politeknik SMRS merupakan perguruan tinggi dengan program pendidikan bidang perikanan, pertanian, dan peternakan. ”Tiga Prodi ini disesuaikan dengan kondisi alam Lingga yang memang punya potensi di perikanan, pertanian, dan peternakan,” kata Bupati Lingga, Alias Wello. Dikatakan Awe, sapaan akrabnya, bahwa pendirian Politeknik Lingga ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Lingga untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Lingga. Sehingga, yang nantinya dapat membangun Kabupaten Lingga dengan potensi yang dimiliki daerah ini.

Baca Juga :  Khairil Anam Terpilih Jadi Ketua IMKK

”Tidak hanya bidang pertanian, peternakan dan perikanan, kita juga ingin membangun bidang infrastruktur, perekonomian dan lainnya untuk memajukan Kabupaten Lingga,” kata Alias Wello.

Politeknik SMRS akan menjadi sumber energi baru bagi Lingga untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki. ”Agar kampus ini punya kualitas mumpuni, tenaga pengajarnya didatangkan dari berbagai perguruan tinggi negeri terkenal di Tanah Air diantaranya, dari Institut Pertanian Bogor (IPB).

Proses rekrutmen calon dosen Poltek SMRS sudah dilaksanakan. Tak cuma dengan dosen berkualitas, Politeknik SMRS juga didukung dengan obyek praktik yang berkualitas seperti adanya ribuan hektare persawahan di Lingga, yang sesuai dengan Prodi Pertanian.

Baca Juga :  Peringati Hardiknas dengan Bakti Sosial

Transportasi udara dari Batam ke Dabo, Singkep tak lagi jadi masalah. Karena, Pemkab Lingga dan manajemen Wings Air sudah meneken kerja sama.

Tak cuma dengan dosen berkualitas, Poltek SMRS juga didukung dengan objek praktik yang berkualitas. Seperti adanya ribuan hektare persawahan di Lingga, yang sesuai dengan Prodi Pertanian.

Kemudian, ratusan hektare tambak udang di Marok Kecil, yang sesuai dengan Prodi Perikanan. Di samping adanya pabrik pakan ikan yang letaknya juga di komplek emplasmen timah di Dabo.

Untuk Prodi Peternakan, saat ini Lingga punya ratusan ekor sapi bantuan dari kemMendikbud Nadiem Bebaskan Guru dari Beban Kerja 24 Jam Tatap Mukaenterian. Keberadaan berbagai obyek ini multifungsi. Sebagai pemicu roda ekonomi, membuka lapangan kerja.(tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here