Open Bidding Jangan Sekedar Formalitas

0
993
SALAMAN: H Lis Darmansyah bersalaman dengan ASN berpretasi. f-ist/humas pemko tanjungpinang

Pendaftaran Open bidding di lingkungan Pemko Tanjungpinang akan berakhir hari ini Selasa (7/3). Hingga Senin (6/3)  baru 21 pejabat yang mendaftar dari 9 jabatan yang dilelang.

Tanjungpinang – Gelaran open bidding yang dilakukan Pemerintah Kota Tanjungpinang harus dilakukan sesuai dengan aturan yang ada. Artinya tidak boleh sekadar formalitas.

Hal ini diungkapkan Pengamat politik dari Sekolah Tinggi Ilmu Sosial Politik Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka.

”Kita minta agar open bidding tidak sekedar formalitas saja. Hasil open bidding benar-benar menghasilkan pemimpin yang berkualitas, tanggungjawab dan profesional,” tegasnya.

Sembilan jabatan yang dilelang yakni, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kemasyarakatan.

Kemudian, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan.

Dan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Penanggulangan Kebakaran.

Ia melihat suka tidak suka, open bidding harus dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Namun, siapa yang terbaik dari open bidding, belum tentu ia keluar jadi pejabat. Artinya, hasil open bidding tergantung juga dari kepala daerahnya itu sendiri.

”Nilainya bagus, propesional tapi tidak bisa dipercaya, juga sangat sulit untuk menjadi pejabat. Negara akan hancur bila pejabat tersebut sulit di percaya,” tegasnya.

Kepala Badan Kepegawain Daerah (BKD) Kota Tanjungpinang, H Tengku Dahlan mengatakan, ada dua pejabat dari Pemprov Kepri yang mendaftar. Yakni, Irianto dan Drs Heery Sesanto. Kemudian ada dari Badan Pertanahan Nasional Kota Tanjungpinang, Sudrajat.

”Tak ada yang dari TNI dan Polri,” tegasnya.

Ia berharap bagi pejabat yang masih ingin ikut open bidding, masih ada waktu hingga besok (hari ini,red).

“21 pejabat yang sudah mendaftar, sudah memenuhi syarat sebagai pejabat eselon II,” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah, minta para pejabat Pemko Tanjungpinang, yang sudah memenuhi syarat, agar mendaftar.

“Ini kesempatan bagi ASN untuk berkarir sebagai pejabat eselon II,” tegasnya. (ABAS-ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here