Optimis, Ekonomi Bintan Membaik

0
929
SEORANG personel Tionghoa beragama Budha dari jajaran Polres Bintan sembahyang keselamatan di Vihara Bhakti Sasana Kijang, Jumat (16/2) kemarin.f-yendi/tanjungpinang pos

Warga Tionghoa Gembira Sambut Tahun Anjing Tanah

BINTAN – RIBUAN warga tionghoa di Kabupaten Bintan gembira menyambut Tahun Baru Imlek 2569. Warga optimis ekonomi daerah akan membaik, saat menjalani tahun anjing tanah ini. Asalkan setiap insan bekerja keras dan kuat dalam menjalankan usahanya.

Sikap optimis untuk menghadapi ekonomi baik ini disampaikan Akuang, pembina yayasan vihara Bhakti Sasana Kijang, di sela perayaan Imlek dan sembahyang keselamatan, Jumat (16/2) kemarin. Menurut Akuang, rezeki setiap orang berbeda. Tapi, usaha dan kerja keras setiap orang akan mempengaruhi hasilnya.

”Kita optimis, ekonomi bisa membaik di tahun ini. Khususnya di Kabupaten Bintan. Ya itu, kuncinya kita harus kuat menghadapi situasi ekonomi sekarang, dan kerja keras. Pemerintah juga harus bantu masyarakat dan pengusaha, biar ekonomi baik itu bisa tercapai,” jelas Akuang.

Baca Juga :  Bupati Prioritaskan CSR BPR untuk Pendidikan

Perayaan penyambutan Tahun Baru Imlek di vihara Bhakti Sasana Kijang, di kawasan Pasar Inpres jalan Berdikari berlangsung aman dan lancar. Perayaan diawali dengan pesta kembang api, Kamis (15/2) malam atau Jumat (16/2) dini hari. Kemudian dilanjutkan dengan sembahyang keselamatan sebagai wujud rasa syukur, Jumat (16/2) pagi sampai malam kemarin.

”Sampai Jumat siang, hampir seribu warga tionghoa yang sembahyang. Kalau sampai malam, mungkin lebih dari 2 ribuan. Karena, warga yang sembahyang ini, ada juga yang berasal dari luar Kijang, dan luar Kabupaten Bintan,” tambah Akuang.

Pesta Kembang Api
Pesta kembang api di vihara Bhakti Sasana Kijang berlangsung meriah. Seorang warga Hartono mengatakan, dirinya sengaja datang lebih awal, untuk melaksanakan ibadah menyambut Tahun Baru Imlek, Kamis malam lalu. Menurutnya, yang paling bagus melaksanakan ibadah itu saat malam pertama, masuk Tahun Baru Imlek.

Baca Juga :  Patroli, Kapolres Cegat Warga dengan Masker

”Kalau malam ini (Kamis lalu), lebih spesial. Misalnya dapat menyaksikan langsung pesta kembang api, disamping itu ibadah lebih khusyuk,” terang Hartono.

Perayaan di Kijang berjalan lancar diawasi tim Bhabinkamtibmas dan sejumlah personel kepolisian. Bahkan, seorang anggota polisi Gilbert beragama Budha turut menjalankan ibadah, sekaligus menjalankan tugas pengamanan.

Di tempat lain, perayaan Tahun Baru Imlek juga berlangsung di Tanjunguban (Bintan Utara), Toapaya, Sri Bintan, Kawal dan Sei Kecil. Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang menerangkan, penjagaan keamanan vihara di Bintan sebanyak 120 personel.

Baca Juga :  Warga Minta Lampu PJU Lintas Barat Diperbaiki

”Setidaknya ada empat personel yang diterjunkan di setiap kelenteng atau vihara, saat perayaan Tahun Baru Imlek. Ya, sesuai kebutuhan,” ujar kapolres.

Selain itu, pihak Polres Bintan juga mengawasi beberapa kawasan wisata, yang dijadikan tempat liburan warga. Usai menjalankan ibadah, warga tionghoa melakukan silaturahmi bersama keluarga besarnya. Seperti yang dilakukan oleh Ketua Hakka Bintan Lukku, tokoh pemuda tionghoa Bintan Salikin, Ketua KONI Bintan Kepyono alias Canku, pengusaha Aliang yang melakukan open house bagi Muspika dan Muspida Bintan, serta sejumlah pengusaha lainnya.(YENDI – SUHARDI – JENDARAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here