Pagar Poltekkes Pemicu Banjir di Jalan Pemuda

0
807
MENGANGGU: Pakar kampus Poltekkes dibangun dipinggir drainase dan menganggu penanggan banjir. f-andri ds/tanjungpinang pos

Pagar kampus Politeknik Kesehatan  (Poltekkes) Tanjungpinang ternyata berada di bahu jalan yang peruntukannya untuk drainase. Akibatnya, kontraktor yang mengerjakan proyek penangganan banjir di kawasan Jalan Pemuda kualahan.

TANJUNGPINANG – Menurut Kepala Bidang (Kabid) Bima Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang, Zulkhairi, pihaknya pernah menyampaikan hal itu ke pihak Poltekkes Tanjungpinang saat rapat bersama Pemko Tanjungpinang dengan pihak terkait.

”Hanya saja, keputusannya butuh waktu lama karena harus melobi ke Poltekkes di Jakarta supaya pagarnya dibongkar,” kata Zulkhairi, kemarin.

Humas PT Jaya Kencana Sarana, Sholikin menambahkan, meskipun pagar kampus tidak dibongkar, pihaknya tetap mengerjakan proyek penanggan banjir tersebut.

Baca Juga :  Lapangan Gunung Lengkuas,Kick Off Piala Suratin

”Kita akan lebarkan drainase di Jalan Pemuda 1,5 meter dari pagar Kampus Poltekkes Tanjungpinang. Begitu juga dengan kedalaman drainase mencapai 1,5 meter,” kata Sholikin, kemarin.

Kata dia, puluhan pekerja mulai mengerjaan penanggan banjir di Jalan Pemuda. Karena, lokasinya berada di lokasi padat lalulintas, ia berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kepolisian, agar selama pekerjaan penangganan banjir, arus lalulintas tetap lancar.

”Kita kerjakan di depan Kampus Poltekkes hingga SMPN 6 Tanjungpinang dulu,” kata Sholikin sambil mengawasi pekerja di lapangan.

Sebelumnya, kondisi drainase yang berada di depan Kampus Poltekkes hingga SMPN 6 Tanjungpinang, sempit dan dangkal. Akibatnya, tidak mampu menampung air hujan yang mengalir disaat hujan turun deras.

Baca Juga :  Puskesmas Batu 10 Masuk Nominasi KLA

Setelah selesai dicor, pihaknya akan kembali melanjuti penggalian drainase yang berada di depan ruko atau sebelah kanan arah lapangan Pamedan. Penggalian drainase sudah dimulai dari depan ruko Apotik Asakinah hingga di depan ruko SMPN 6 Tanjungpinang.

Karena di depan ruko SMPN 6 Tanjungpinang sudah ada boks cover tidak bisa diganggu. Jadi, nanti pihaknya akan membuat satu akses saluran air baru. Akses saluran baru ini akan dibuat di pinggir SMPN 6 Tanjungpinang menuju ke laut.

”Lebar parit depan ruko mencapai 2,5 meter. Kalau dalamnya sama dengan drainase sebelumnya mencapai 1,5 meter,” ucapnya.

Baca Juga :  DED Tepilaut 2 Kali Revisi

Meskipun Tanjungpinang sering diguyur hujan deras, dia optimis pengerjaan proyek pengendali banjir selesai tepat waktu.

”Hingga saat ini belum ada kendala berat,”tegasnya.

Pantauan di lokasi, penggalian drainase hingga kena bibir jalan raya. Karena pelebaran hingga kedalaman parit menggunakan alat berat mulai dari pinggir pagar kampus Poltekkes dan SMPN 6 Tanjungpinang hingga ke bibir jalan raya.(ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here