Pebalap Asing Borong Piala Tour De Bintan

0
839
JUARA: Jarred Anderson (tengah) saat merayakan kemenangan kategori utama grand Fondo Tour De Bintan 2017 di Simpang Lagoi, Sabtu 4 Maret 2017. f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Perhelatan akbar tahunan Tour de Bintan (TDB) telah berakhir setelah berlaga dua hari berturut-turut di tiga etape. Piala Tour de Bintan pun diborong pebalap luar negeri.

Pebalap asal Australia Jarred Anderson keluar sebagai juara pertama pada kategori utama Grand Fondo Tour De Bintan 2017, Sabtu (4/3).

Jarred masuk pada kategori pria umur 18-34 tahun yang berhasil menyelesaikan pacuan lintasan sepanjang 140 kilometer mengelilingi Kabupaten Bintan dengan waktu 3 jam 35 menit dan 26 detik.

Pada posisi juara kedua, Nakamura Ryutaro (27), asal Jepang berhasil membuntuti Jarred dengan catatan waktu 3 jam, 36 menit dan 32 detik.

Sementara di tempat ketiga, James Guardino dari Amerika Serikat dengan waktu 3 jam 36 menit, 32 detik. Pada etape ITT sejauh 18 kilometer (Km) dengan waktu 24 menit 17 detik.

Baca Juga :  Presiden Rencana Resmikan Mal Pelayanan

Untuk Grand Fondo Classic wanita, unggulan juga pada usia 18-34, dimenangkan Yiwei Luo, asal Singapura. Menempuh jarak yang sama dengan pria yaitu 140 kilometer dengan waktu 3 jam 54 menit dan 47 detik.

Juara kedua Grand Fondo Classic wanita, kategori usia 18-34, Serene Lee dari Singapura dengan waktu 3 jam, 54 menit dan 45 detik.

Juara ketiga, Shiqi Fu dari tim Team Joker, Cina dengan waktu 3 jam, 54 menit, 47 detik.
Aon, pebalap Tanjungpinang yang merupakan murid alm Oscar Feryanto masuk kategori Uci Grand Fondo Challenge 82 Km dengan catatan waktu 2 jam 20 menit dan berhasil keluar sebagai Juara III.

Usai pertandingan, Vinsensius Jemadu, Direktur Promosi Wisata untuk Pasar Asia Pasifik Kementerian Pariwisata mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan Tour De Bintan 2017 ini. Ia berharap ini dapat menjadi momentum meningkatkan kunjungan wisatawan.

Baca Juga :  Menteri Susi Bangun 5.000 Rumah di Natuna

”Bintan merupakan target tujuan wisata kelas atas. Di sini terdapat semua destinasi hotel dan resort mewah. Sehingga dengan adanya event ini akan menjadi sarana promosi kepada dunia internasional,” katanya.

Ia menyebutkan lagi, Pemerintah Indonesia yang gencar menggelar event sepeda internasional akan menjadi daya tarik atlet dan wisatawan untuk berkunjung.

Sementara itu, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun akan terus menggalakkan promosi wisata yang ada di Kepri termasuk Bintan. Ia menyampaikan jika dipadukan seluruh wilayah di Kepri akan menjadi destinasi wisata yang lengkap dan unik.

”Di Kepri memiliki semua keindahan alam, ada laut, pantai, gunung dan budaya. Ini yang harus terus dikembangkan agar Kepri dapat menjadi tujuan wisata paling diinginkan di Indonesia,” sebutnya.

Baca Juga :  FBK dan Iron Man Bawa Kepri Terima Penghargaan

Ia menyampaikan, dengan adanya Tour De Bintan yang terus meningkat, akan meningkatkan pula ekonomi di Kepri.

Pada saat pembukaan, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyampaikan, Tour de Bintan ke-8 ini menjadi destinasi sport tourisme international yang mendatangkan turis asing ke Bintan, dalam jumlah yang cukup ramai.

Ada 6 event internasional yang dilaksanakan Bintan yang mendatangkan puluhan ribu turis. Tahun ini, peserta Tour de Bintan naik 30 persen dibandingkan penyelenggaraan tahun sebelumnya. tahun ini ada 1.100 peserta.

”Tahun ini kita targetkan 500 ribu kunjungan turis asing ke Bintan. Sebelumnya lebih dari 345 ribu kunjungan,” kata Apri. (aan/fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here