Pedagang Mulai Tak Pasang Label Harga

0
118
H Syahrul-Rahma mengecek pedagang ikan di Pasar KUD yang sudah memasang label harga jelang Lebaran Idul Fitri, kemarin. f-iSTIMEWA
Para pedagang di Pasar Kota Lama khususnya pedagang ikan basah dan produk kering, mulai tidak memasang label harga LAGI.

TANJUNGPINANG – Sebelum Lebaran Idul Fitri kemarin, para pedagang ramai-ramai memasang label harga. Ini sesuai Perwako Tanjungpinang Nomor 15 Tahun 2019 tentang meletakkan label harga pada setiap produk yang dipejualkan.

Dinas Perdaganan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Tanjungpinang akan kembali turun untuk meninjau label harga, yang tidak diterapkan oleh pedagang ikan kering berada di Kota Lama Tanjungpinang. Karena, umumnya pedagang tidak memasang lagi.

”Dulu kita sudah minta pedagang itu untuk pasang label harga sesuai item tersebut,” kata Ahmad Yani, Kepala Disperindag Kota Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (18/9).

Label harga, Ahmad Yani menjelaskan, untuk memberikan kejelasan harga ikan kering yang dijual oleh pedagang tersebut. Artinya, harga yang tertera di label bukan harga mati.

Tapi, pembeli masih bisa melakukan transaksi tawar menawar harga ikan kering yang dijual oleh pedagang tersebut. Misalnya, pedagang cantumkan harga ikan kering pada label sebesar Rp10 ribu per kilogram.

Harga tersebut masih bisa kurang melalui penawaran dari pembeli ke pedagang tersebut.

”Kita akan pantau lagi,” terang dia.

Memang, kata dia, tidak ada sanksi tegas buat pedagang yang tidak pasang label harga pada ikan kering dijualnya. Baik itu ikan bilis, sotong kering sampai dengan ikan asin.

Bisa saja, lanjut dia, dibuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur dan mengharuskan pedagang untuk pasang label harga pada ikan kering.

Apabila tidak pasang label harga ikan kering, maka pedagang dikenakan sanksi tegas.

”Saat ini, kita hanya lakukan pembinaan saja,” sebut dia.

Sambung dia, dengan adanya harga yang ditulis di label, selain memudahkan bagi konsumen, juga untuk menyamakan harga di pasaran.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here