Pedagang Wajib Jaga Kebersihan

0
707
TINJAU: Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah meninjau Pasar Baru, Kota Lama. F-raymon/tanjungpinangpos

Pasar Baru Diresmikan

TANJUNGPINANG – Meski belum mendapatkan hibah dari Kementerian Perdagangan RI, gedung pasar baru tetap diresmikan Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah demi kepentingan para pedagang dan meningkatkan perekonomian, Senin (8/5).

Pasar tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk para pedagang korban kebakaran Pelantar KUD 4 2013 lalu. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Tanjungpinang, Juramadi Esram menuturkan, ada 39 kios dengan pagu anggaran Rp 7 miliar.

Hanya saja yang digunakan untuk pembangunan yaitu sekitar Rp 5,2 miliar.
Rencananya, tahun ini, Lis kembali akan bertemu dengan Menteri Perdagangan untuk meminta pembangunan di kawasan pasar baru di Tanjungpinang lagi.

Baca Juga :  Bincen akan Punya Taman Revolusi Mental

”Insya Allah kita akan mendapatkan pasar baru lagi, namun sistem perencanaannya dari mereka,” ujarnya.

Pasar Baru yang diresmikan untuk dagangan jenis kering, seperti pakaian, hasil olahan UMKM, dan lain-lain. Bahkan para pedagang yang berjualan di Pasar Baru tidak dikenakan retribusi sewa kios.

Namun, setelah dihibahkan kepada Pemko Tanjungpinang baru akan dikenakan retribusi sesuai aturan. Nantinya, pasar ini akan di kelola oleh BUMD.

Mulai dari sistemnya, sarana dan prasarana pengawasan harga hingga ketersediaan barang di pasaran. Lis hanya meminta para pedagang untuk menjaga kebersihan sebab sesuai dengan keinginan pemerintah pusat pasar bisa dijadikan tempat berwisata.

Baca Juga :  Ketua RT Jangan Nyebar Informasi Hoax

”Dengan menjaga kebersihan para pembeli menjadi nyaman,” ungkapnya.

Lis Darmasnyah menuturkan pasar ini seharusnya sudah diresmikan 2016 lalu. Hanya saja, tahun ini gedung sudah difungsikan meskipun belum diserahkan oleh Kementerian Perdagangan RI ke Pemerintah

”Demi masyarakat, pedagang, dan perekonomian maupun kepentingan kita bersama, maka hari ini Pasar Baru saya resmikan,” sebutnya.

Lis mengaku, hal ini hanya tinggal dikomunikasikan saja kepada kementerian. Karena, ini menyangkut perekonomian Tanjungpinang dan pedagang yang sudah menunggu sejak lama ada gedung pengganti untuk mereka berjualan.

Baca Juga :  Pernak Pernik Natal Mulai Diburu

Dengan diresmikan gedung Pasar Baru bisa menumbuhkan perekonomian ditengah masyarakat. Kepada pedagang ia minta patuhi aturan, bayar apa yang harus dibayar, karena juga menyangkut pasar kita.

”Terpenting harus jaga kebersihan. Sehingga nanti bisa jadi pasar wisata,” tuturnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here