Pelajar Harus Jadi Pelopor Konsumen Cerdas

0
866
KUKUHKAN: Kadisperindag Kepri, Burhanuddin mengukuhkan ratusan pelajar SMK se Tanjungpinang menjadi pelopor Konsumen cerdas di hotel Aston Tanjungpinang, Rabu (13/9).f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Ratusan pelajar tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri di Tanjungpinang dikukuhkan sebagai pelopor sadar konsumen cerdas yang dilaksanakan di Hotel Aston Tanjungpinang, Rabu (13/9) kemarin. Kegiatan ini di dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepri dalam rangka sosialisasi Undang-Undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.

Diharapkan konsumen terutama generasi muda paham bagaimana menjadi konsumen yang cerdas. Serta mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat lainnya. ”Mengapa pelajar, karena lewat gaya hidup mereka mampu menyebarluaskan gerakan perlindungan konsumen,” ujar Kadisperindag Kepri Burhanuddin.

Baca Juga :  Siswa SD-MI Lulus 100 Persen di Karimun

Lebih lanjut ia menyampaikan, selama ini masih banyak masyarakat umum yang tidak paham dengan tata niaga yang sehat dan cerdas. ”Kebanyakan kita kalau belanja itu, langsung beli saja bayar ke kasir. Namun tak ngelihat, komposisinya, halalnya. Ini jadi penyakit kita saat ini,” ungkapnya.

Lewat para pelajar, mereka generasi muda yang juga wajib sama-sama mensosialisasikan hal ini kepada keluarga, sesama rekan pelajarnya, bahkan media sosial. Bahwa betapa penting menjadi konsumen cerdas untuk kehidupan diri sendiri.  ”Kami mengundang ratusan pelajar sebagai pelopor, untuk berkampanye tentang menjadi konsumen cerdas,” tambahnya.

Baca Juga :  Soal UN Matematika Ada Esai

Bermula dari pelajar Tanjungpinang, kemudian berlanjut dengan pelajar di kabupaten/kota lainnya se Kepri. ”Setelah ini berlanjut ke Batam, Tanjungbalai, bahkan sampai Natuna Anambas,” ujarnya.

Sebelumnya, Disperindag juga sudah menggelar aksi sadar konsumen sehat kepada sejumlah komunitas di Kota Tanjungpinang. Bahkan jajaran majelis taklim, dan PKK se Kepri. (SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here