Pemda Ajukan Kenaikan Status Jalan Daerah

0
776
Jalan raya: Akses jalan raya di Kecamatan Jemaja yang belum memiliki status. Kini diusulkan jadi jalan nasional. f-indra gunawan/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas akan mengusulkan pembangunan akses jalan bertaraf nasional dan itu dibutuhkan sepanjang 100 Kilometer.

usulan itu sudah diajukan ke pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia. Kini masih menunggu keputusan dari kementerian terkait.

“Rencana akan diusulkan ke Kementerian PU melalui Provinsi Kepri. Volumenya sudah disarankan 100 KM. Cuma titiknya untuk 3 pulau besar (Pulau Siantan, Palmatak dan Jemaja) akan disurvei oleh Dinas PU,” ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris pada wartawan, Kamis (23/3).

Baca Juga :  Kades Pahami Pengelolaan Anggaran

Ketika disinggung regulasi pembangunan jalan nasional, katanya, pada prinsipnya pemda selalu siap menyediakan lahan dan hal itu sesuai dengan area atau lokasi yang dibutuhkan.

Untuk standarisasi jalan nasional minimal memiliki lebar 25 meter dan itu belum termasuk ruas jalan, ditambah lagi jarak dari poros jalan terhadap bangunan rumah yang akan dibangun berjarak 15 meter.

“Syarat dari Kementerian PU, jarak rumah minimal 15 meter dari badan jalan. Tetapi melihat kondisi kita seperti ini ada kebijakan khusus yang dipertimbangkan oleh pemerintah pusat agar akses jalan bisa direalisasi demi terciptanya palayanan transportasi yang baik untuk masyarakat pastinya,” terangnya.

Baca Juga :  Belum Terlihat Geliat Pembangunan di Desa

Haris menyinggung, pihaknya masih menunggu keputusan Kementerian PUPR untuk pelaksanaan pembangunan akses jalan yang beralamatkan di Jalan Soekarno-Hatta yang mencapai 6,3 Km tepatnya di kota Tarempa menuju Desa Rintis Kecamatan Siantan.

“Saya kira perencanaan dan pengajuan anggaran untuk membangun akses jalan tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat. Kita masih menunggu keputusan dari sana dan tentu kita harapkan hal itu bisa diwujudkan,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Balai Pelaksanaan jalan nasional di Kepri, Junaidi mengakui pihaknya menunggu sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan Kementerian PUPR.

Baca Juga :  Bupati Kunker Gunakan Bukit Raya

Menurutnya, sinergitas tersebut, pemda harus menyediakan lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan jalan nasional di Anambas tersebut.

“Sinergitas untuk membangun jalan. Kalau Pemda menyediakan lahan dan melakukan pematangan lahan, kami siap membangun Jalan Nasional,” terangnya kemarin. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here