Pemilik dan Pekerja Asingnya Tak Muncul

0
413
TIM Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Polisi, BIN dan TNI saat mewawancarai salah seorang pekerja di perkebunan sawit di Kampung Jibut, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Senin (14/5). F-Jendaras/tanjungpinang pos

Imigrasi Sidak Perkebunan di Desa Kuala Sempang

SERIKUALALOBAM – Pihak Imigrasi Kelas II Tanjunguban bersama tim gabungan TNI, BIN, Polisi bersama crosser trail melakukan inspeksi mendadak di dua perkebunan di Kampung Jibut, Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam pada Senin (14/5).

Bersama para pembalap motor trail, tim yang berjumlah 20 orang menyusuri jalan-jalan perkebunan yang berlumpur dan terjal. Kemudian perkebunan sawit dan kelapa serta karet langsung didatangi untuk mengecek para pekerja dan pemilik.

Dari hasil sidak di dua camp pekerja, tidak ditemukan pemilik yang diduga merupakan orang asing tanpa ada dokumen investasi yang jelas. Kemudian juga beberapa pekerja diperiksa dan dipastikan bukan merupakan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang tidak memiliki izin.

Baca Juga :  Dokumen Musrenbang 2018 Dibahas Forum OPD

Sarsaralos, Kepala Seksie Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Kasie Wasdakim) Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban mengatakan, pada operasi dengan sandi “kerja” kali ini tidak ditemukan WNA dan TKA yang sebagaimana didapatkan informasinya.

”Ini operasi serentak nasional. Sasarannya adalah isu TKA yang bekerja di perkebunan dan juga pertambahan. Saat ini nihil, namun akan kami terus awasi,” katanya, usai sidak.

Ia mengatakan, dari informasi yang didapat dari pekerja, dua perkebunan yang cukup luas tersebut dimiliki oleh WN Singapura berinisial K dan satu lagi WN Malaysia yang belum diketahui identitas lengkapnya.

Baca Juga :  Kapal Roro Rute Bintan-Tambelan Belum Beroperasi hingga Lebaran

”Kami akan dalami ini, apakah ia sudah memiliki izin untuk berinvestasi di Bintan, kemudian juga akan kami teliti yang bersangkutan jika ditemui nantinya,” jelasnya.

Tidak hanya sidak di perkebunan saja, lanjutnya, pada operasi kerja ini, wilayah perairan juga akan disisir. Termasuk akan membuka pos pengawasan TKI non prosedural di BBT Lagoi dan juga Desa Tanjungberakit. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here