Pemkab Harus Antisipasi Tenaga Kesehatan Pindah Tugas

0
765
PELAYANAN: Ruang pendaftaran pelayanan kesehatan di Puskesmas Meral, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – PEMERINTAH Kabupaten Karimun diminta mengantisipasi permintaan pindah tugas bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas sebagai tenaga kesehatan di daerah pulau dan Desa.

Lazimnya, setelah resmi menyandang status ASN, beberapa orang ada yang meminta pindah tugas keluar dari Kabupaten Karimun.

”Tenaga kesehatan di pulau, seperti di Kecamatan Moro dan Durai yang jumlahnya sangat terbatas. Ini yang perlu diantisipasi, jika ada permintaan pindah tugas,” ujar Syafri Sandi, anggota DPRD Karimun, kemarin.

Dengan status sebagai pegawai tidak tetap (PTT). Ia berharap setelah berstatus ASN nantinya, mereka tidak meminta pindah tugas dari pulau, yang merupakan tempat awalnya ditugaskan.

Baca Juga :  Aktifkan Forum, Tekan Angka Kecelakaan

Syafri Sandi mengapresiasi tenaga kesehatan, yang telah bertahun mengabdi sebagai PTT di pulau dan jauh dari perkotaan serta minimnya akses komunikasi.

”Walau terbatas, tetapi harus dengan sabar melayani masyarakat dan mempermudah mendapat layanan kesehatan masyarakat. Hal yang utama, yang perlu dibenahi adalah rumah atau tempat tinggal mereka selama bertugas,” jelasnya.

Rumah tinggal bagi perawat, bidan dan dokter di pulau akan disampaikan kepada Bupati Karimun, untuk selanjutnya dapat dianggarkan pada tahun anggaran berikutnya.
Sehingga, tenaga kesehatan yang bertugas di pulau dapat tinggal dengan nyaman, dan alangkah lebih baik lagi didukung dengan sarana alat praktik kesehatan yang memadai.

Baca Juga :  Camat Meral Bagikan Bubuk Abate

Khusus Dinas Kesehatan, diharapkan melakukan pemerataan penempatan tenaga kesehatan, dengan ketersediaan dokter di setiap Puskesmas.

”Lebih baik lagi, jika puskesmas dapat melayani pasien rawat inap, sehingga tidak perlu dirujuk ke RSUD Karimun dan hal itu penting diantisipasi kedepannya,” terang Muhammad Sani.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here