Pemkab Harus Konsen Bangun Akses Transportasi

0
683
RAPAT: Jajaran Kementerian Kemaritiman ketika rapat koordinasi bersama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas di aula Kantor Bappeda. F-indra/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Pengembangan pariwisata di Kabupaten Kepulauan Anambas ke depan tidak terlepas dari konektivitas akses transportasi, artinya pemerintah daerah harus konsen terhadap perencanaan pembangunannya.

Hal ini disampaikan Asisten Deputi Kementerian Kemaritiman Rahman Hidayat saat rapat koordinasi antara Pemkab Anambas dengan Kementerian Kemaritiman di Tarempa

”Konektivitas transportasi yaitu seperti akses jalan dan transportasi laut antarwilayah,” sebutnya.

Termasuk juga akses jalan di Desa Air Bini Kecamatan Siantan Timur dan penambahan transportasi laut dari pelabuhan Tarempa menuju pelabuhan Letung Kecamatan Jemaja.

Baca Juga :  Imigrasi Deportasi Pencuri Ikan Asal Vietnam

Transportasi dari pelabuhan ke Tarempa harus diadakan, sebab wisatawan yang akan mengunjungi anambas melalui bandara Letung tidak menutup kemungkinan akan mengunjungi tempat wisata yang berada di pulau Siantan maupun di Pulau Palmatak.

Ia juga menyampaikan saat ini Anambas sudah ditetapkan menjadi kawasan pusat terpadu pariwisata diantara 19 daerah yang ada di Indonesia.

”Kesiapan pemda menjadi modal utama dalam mengembangkan pariwisata ke depannya lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris menyampaikan, bahwa pada prinsipnya pemda selalu siap menghadapi perkembangan pembangunan yang berbasis pariwisata, namun hal itu tidak terlepas dukungan dari semua pihak, baik itu dari masyarakat maupun pemerintah pusat khususnya.

Baca Juga :  Minat Baca Masyarakat Mulai Meningkat

Kata Haris, selain di bidang pariwisata yang diutamakan oleh pemda Anambas untuk mengsejahterakan peningkatan perekonomian masyarakat, bidang perikanan juga bagian dari hal yang penting.

Sebab Anambas terdiri dari kepulauan yang memiliki kekayaan laut yang berlimpah dan itu dilakukan oleh penduduk Anambas sendiri yang diperkirakan hampir 80 persen berprofesi sebagai nelayan.

”Untuk kemajuan dan mengsejahterakan masyarakat, program yang kami unggulkan di bidang pariwisata dan perikanan. Kami berharap pemerintah pusat juga serius memperhatikan dan dapat merealisasikan program yang kami usulkan,” jelasnya. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here