Pemkab MoU dengan BIG Terkait Validasi Batas Desa

0
290
BUPATI Anambas Abdul Haris dan Wakil Bupati Wan Zuhendra dan Ketua DPRD Kabupaten Anambas foto bersama pihak BIG. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas menggandeng Badan Informasi Geopasial (BIG) untuk melakukan Validasi terhadap batas desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten termuda di Provinsi Kepri itu.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris SH mengatakan, untuk menyokong hal itu pihaknya telah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan BIG baru-baru ini. Selain validasi data batas, dalam MoU tersebut juga tertuang kerja sama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Anambas.

”Intinya kita minta bantu kepada BIG, untuk mengukur pemetaan batas kecamatan dan desa. ”Demikian disampaikan Abdul Haris, Minggu (25/2) yang mengungkapkan, data batas kecamatan dan desa ini merupakan salah satu acuan pemerintah pusat dalam menyalurkan anggaran.

Memang data batas desa dan Kecamatan saat ini telah ada, lanjut Haris, meski demikian perlu dilakukan validasi karena dengan keterbatasan yang ada saat melakukan pengukuran penentuan tapal batas yang lalu tentu tidak sebaik apabila menggunakan BIG.

”Pemuktahiran dan perapian data yang dilakukan, nantinya akan menjadi nilai plus bagi kita di mata pusat,” jelas Haris.

Pihaknya, tambah Haris, akan meminta kepada BIG untuk melakukan pengukuran kembali agar data yang ada lebih konkrit. Sehingga, Anambas jadi salah satu kabupaten yang bersama BIG dalam pengukuran. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here