Pemkab Usulkan Bentuk UPT Perikanan

0
925
BUDIDAYA: Salah seorang nelayan budidaya di keramba ikan jenis Napoleon.F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mengusulkan agar Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT) bidang Kelautan, Pendidikan dan Energi Sumber Daya Alam (ESDM).

”Setelah berlakunya Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, ada beberapa kewenangan Pemerintah Kabupaten ditarik oleh Pemerintah Provinsi,” ujar Abdul Haris, Bupati Anambas, Jumat (9/6).

Untuk itu, pihaknya mengusulkan ke Pemprov Kepri segera membentuk UPT di Anambas.
Haris menambahkan, kewenangan Kelautan, Pendidikan dan ESDM berada di Pemprov Kepri.Menurutnya, hal tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Anambas dalam mengembangkan sektopr perikanan.

Baca Juga :  Sepuluh SD Belum Peroleh Akreditasi

”Seperti Kelautan sudah menjadi wewenang Pemprov Kepri, sementara daerah kita lebih luas lautan dari pada daratan, dan masyarakat lebih dominan berprofesi nelayan,” jelasnya. Ia melanjutkan, hal itu sama dengan ESDM. Pihaknya ingin berkoordinasi mengenai kelistrikan, karena masih banyak pulau yang belum tersentuh aliran listrik.
Dia berharap, usulan tersebut segera mendapat respon dari Pemprov Kepri demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya di Anambas.

”Mudah-mudahan usulan itu segera direspon, agar pelayanan kemasyarakat tidak terhalang,” harapnya. Selain itu, dengan dibukanya keran untuk ekspor ikan Napoleon tentunya membuat nelayan budidaya ikan Napoleon menyambut gembira. Setelah lama ikan tersbut dilarang ekspor, maka kelompok nelayan kehabisan biaya untuk merawat Napoleonnya. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here