Pemko Incar Adipura Kirana

0
894
TAMAN: Dua orang menanam bunga di median jalan.F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang Riono mengatakan Tanjungpinang masuk dalam nominasi untuk Adipura Kirana tahun ini. Adipura Kirana, adalah anugerah yang penilaiannya dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui trade, tourism and investmen yang berbasis pengelolaan lingkungan hidup

”Kota Tanjungpinang melalui Pak Wali Kota telah melakukan presentasi di Kementerian Lingkungan Hidup. Karena kita salah satu daerah yang dipanggil dan masuk nominasi peraih Adipura Kirana,” kata Riono, kemarin.

Mantan pejabat Pemprov Kepri ini, menjelaskan tim verifikasi Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) telah melakukan penilaian di Tanjungpinang dan telah selesai April lalu. Titik yang dinilai di antaranya jalan-jalan raya, perkantoran, fasilitas umum, pusat perbelanjaan, dan pengelolaan bank sampah.

Baca Juga :  Tak Diurus, Investor Masih Nihil

Lanjut Riono, Kota Tanjungpinang sedang berupaya untuk meraih penghargaan Adipura Kirana, karena tahun 2016 lalu, Tanjungpinang berhasil menyandang penghargaan Adipura Buana. ”Kalau Kirana ini, artinya kita di daerah ada upaya mengelola sampah dan menghasilkan uang, sehingga sangat berefek terhadap pemberdayaan kesejahteraan masyarakatnya,” terangnya.

”Dan kita sudah lakukan itu, melalui bank sampah. Kompos-kompos sudah ada yang kita jual,” tambahnya. Ketua LSM Air Lingkungan dan Manusia (Alim) Provinsi Kepri Kherjuli menyampaikan, bahwa penilaian Tanjungpinang sebagai peraih penghargaan Adipura Kirana sudah dilakukan sejak awal April tahun 2016 sampai April 2017.

Baca Juga :  RA Mencuri Laptop di Ruang Guru

Saat disinggung kapan akan diumumkan? Kherjuli menjawab pihaknya masih belum tahu kapan pihak Kementerian Lingkungan Hidup akan mengumukan. Hanya saja, ia pun tidak menampik bahwa, Tanjungpinang akan menyabet Adipura Kirana, hal ini karena peran semua pihak.  ”Kita tunggu kapan pengumumannya,” tukas Kherjuli. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here