Pemko Minta 19 Bus Tambahan ke Kemenhub

0
179
WALIKOTA Batam, HM Rudi bersama sejumlah pejabat saat naik bus di Batam. F-dok/tanjungpinang pos

BATAM – Pemko Batam akan meminta tambahan 19 unit bus ke Kementerian Perhubungan. Bus tambahan ini dibutuhkan untuk peningkatan pelayanan transportasi massa di Kota Batam.

Bus itu akan menambah kekuatan Dishub mengangkut masyarakat, setelah tahun 2018, Kementerian Perhubungan menyetujui 10 bus.

Pengajuan tambahan armada bus itu diungkapkan Wali Kota Batam, HM Rudi. Tahun 2018 sendiri, Pemko mengajukan 30 bus dan disetujui, 10.

Bus itu merupakan armada yang akan digunakan dan beroperasi sebagai bus Trans Batam, Januari 2019. ”Tahun depan, kami mau ajukan 19 unit lagi,” kata Rudi.

Bus yang disetujui 10 unit tahun ini, dijadwalkan tiba di Batam, awal Desember mendatang. Armada baru ini berukuran sedang, dengan kapasitas 25-30 penumpang. ”Itu akan membantu masyarakat, untuk mendapatkan angkutan murah,” ujar Rudi.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Effendi mengatakan bus baru ini akan mulai dioperasikan Januari 2019 mendatang. Dan akan difungsikan untuk armada Trans Batam.

”Selain menambah juga untuk peremajaan. Karena ada beberapa armada yang sudah harus diganti,” ujar Rustam.

Di Batam, kini terdapat 72 unit bus yang melayani beberapa rute. Di antaranya Nongsa-Jodoh, Nongsa-Punggur, Tembesi-Galang, Sekupang-Batam Centre, Tanjunguncang-Batam Centre, Sekupang-Jodoh, Sagulung-Sekupang, Jodoh-Batam Centre, Tanjung Piayu-Batam Centre, Nongsa-Batam Centre, dan Punggur-Jodoh. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here