Pemko Serahkan Bantuan untuk Nelayan

0
407
Wali Kota Batam, HM Rudi menyerahkan bantuan untuk nelayan, saat Hari Kesehatan, Senin (12/12) di Engku Putri, Batam Centre, Batam. F-MARTUA/TANJUNGPINANG POS

Pemerintah Kota Batam menyerahkan bantuan untuk nelayan di Batam. Bantuan bersumber dari APBD 2018 itu dialokasikan melalui Dinas Perikanan Batam untuk nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) perikanan tangkap.

BATAM – Bantuan itu, di antaranya boat pancung, mesin tempel, bubu rajungan, mesin ketinting hingga konversi BBM ke gas.

Bantuan diserahkan Wali Kota Batam, HM Rudi dan Wawako Amsakar Achmad bersama FKPD Batam, Senin (12/11), usai upacara peringatan Hari Kesehatan di Engku Putri Batam Centre. Rudi berharap, bantuan sarana dan prasarana penunjang aktivitas nelayan tangkap, dapat peningkatkan penghasilan nelayan.

”Diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap dan mewujudkan masyarakat nelayan yang maju, mandiri, sejahtera dan bermartabat,” harap Rudi.

Baca Juga :  BP-Pemko-Pemprov Musnahkan Limbah B3

Alat tangkap yang diserahkan melalui pengadaan dalam APBD itu, di antaranya boat pancung dan mesin tempel 20 PK, 4 tak sebanyak 28 unit. Boat Pancung itu diterima 28 kelompok usaha bersama (KUB) Batam, dengan pengelolaan 28 nelayan.

Ada juga pengadaan bubu rajungan/bento sebanyak 7.250 buah, dengan jumlah penerima 50 KUB dengan 180 nelayan pengelola. Ada juga mesin ketinting sebanyak 10 unit untuk 9 KUB dengan jumlah pengelola 10 nelayan. Sementara untuk konversi BBM ke BBG diberikan untuk mesin ketinting, konverter kit, tabung gas 3 Kg dan long tile sebanyak 429 nelayan.

Baca Juga :  Pemko Bangun SPAM Rp 21,3 M

Khusus konversi BBM ke BBG, diadakan melalui kegiatan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral RI. Total penerima kegiatan, 87 KUB dengan jumlah pengelola, 218 nelayan. Penerima sendiri melalui verifikasi tim dari Dinas Perikanan. ”Konversi BBM ke BBG merupakan usulan Pemko ke Kementerian Energi Sumber Mineral tahun 2016 dan direalisasikan tahun ini,” demikian keterangan dari Dinas Perikanan Batam.

Bantuan secara simbolis diterima, di antaranya dari KUB Rindo Mandiri, Pulau Awing, Kelurahan Temoyong, Bulang, untuk mesin tempel 20 PK dan boat pancung. Perwakilan untuk menerima bubu rajungan/bento, dari KUB Labuhan Gorap Batu Besar, Nongsa. Mesin ketinting dari KUB Cahaya Sejati, Pulau Pecung, Kelurahan Pecong, Belakang Padang dan konversi BBM ke BBG dari KUB Ledu Bara, dari Tanjung Riau, Sekupang.

Baca Juga :  Jelang Lelang, Menteri Rini Datangi BP Batam

Sementara terkait hari kesehatan, yang mengambil tema, Aku Cinta Sehat, dengan sub tema, Ayo Kita Sehat Mulai dari Kita, Rudi mengingatkan pentingnya berperilaku hidup sehat. ”Pola hidup sehat, dengan langkah prepentif, antipatif. Penting untuk terus meningkatkan pelayanan dan fasilitas kesehatan. Meningkatkan sarana dan prasarana Puskesmas,” imbuh Rudi.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here