Pemprov dan DPRD Sambangi Dewan Pers

0
590
BERKUNJUNG: Asisten III Pemprov dan anggota Komisi I DPRD Taba Iskandar berkunjung ke kantor Dewan Pers, pekan lalu. f-istimewa/humas dprd kepri

JAKARTA – Pemprov Kepri terus melakukan peningkatan dan perbaikan hubungan kerja sama pada semua mitranya, tak terkecuali pers. Untuk meningkatkan hubungan baik dan menjalani kemitraan yang sehat, Rabu (29/11) siang, Assisten III Pemprov Kepri, M Hasbi bersama pimpinan Komisi 1, DPRD Provinsi Kepri, Taba Iskandar diterima oleh Wakil Ketua Komisi Pengaduan Dewan Pers, Hendri CH Bangun di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat.

Banyak hal yang menjadi pembahasan dalam pertemuan yang juga dihadiri sejumlah pengurus PWI Kepri itu. Salah satunya mengenai verifikasi perusahaan pers yang sedang gencar-gencarnya dilaksanakan Dewan Pers kerja sama dengan SPS. ”Semua perusahaan pers, harus diverifikasi, batas akhir verifikasi Desember 2018,” ungkap Hendri CH Bangun.

Nah, bagaimana cara pemerintah daerah bisa bekerja sama yang sehat dengan perusahaan pers? Hendri menjelaskan, semua kebijakan pasti harus dipertanggungjawabkan, terlebih pemerintah yang menggunakan anggaran dari rakyat.

”Aturannya sudah sangat jelas, pemerintah harus bermitra dengan pihak-pihak yang legalitasnya jelas, begitu juga saat bermitra dengan perusahaan pers. Perusahaan tersebut harus benar-benar perusahaan pers, bagaimana perusahaan pers tersebut? Tentunya yang telah lulus verifikasi, minimal administrasi,” ungkapnya.

Hendri menambahkan, pemerintah tetap berhak memilih mitra kerjanya. ”Saat ini verifikasi masih berjalan, selain itu sebenarnya, pemerintah pusat maupun daerah, boleh memilih mana perusahaan pers yang akan dijadikan mitra,” terangnya.

Hendri mengatakan dalam Perubahan Pernyataan Dewan Pers No. 12/DPD/X/2001 tentang Mengatasi Penyalahgunaan Profesi Wartawan. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here