Pemprov Revitalisasi 3 Pasar

0
1003
BERBINCANG: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berbincang dengan salah seorang pedagang di pasar, belum lama ini. F-dok/tanjungpinang pos

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun akan merevitalisasi tiga pasar tradisional di Kepri termasuk membangun gudang penyimpanan baru.

DOMPAK – ADAPUN tiga daerah tersebut adalah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Pasar Jodoh Kota Batam, serta Pasar Baru KUD Tanjungpinang yang pelaksanaannya mulai tahun 2017 ini.

Nurdin sudah meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri, Abu Bakar untuk membantu Dinas Koperasi dan Perdagangan serta berkoordinasi dengan pemkab/pemko.

”Pak gubernur ingin agar pembangunan nantu tidak mendapatkan kendala,” ujar Abu Bakar kepada Tanjungpinang Pos, Senin (17/4) kemarin.

Menurut Abu, harapan gubernur pasar-pasar ini tidak hanya ramai dikunjungi masyarakat untuk berbelanja melainkan bisa dimanfaatkan untuk silaturahmi, bahkan mampu digunakan sebagai pusat politik, budaya, pariwisata.

”Jadi harapan pak gubernur di pasar itulah, tempat masyarakat berkumpul,” tambahnya.

Baca Juga :  Didik Anak Berpuasa Sejak Usia Dini

Jadi, sambung dia, terlepas berbelanja, misalnya sarapan pagi dan bahkan membahas masalah pembangunan dan politik tidak hanya nyaman di restoran maupun restoran melainkan di pasar pun ke depan sudah layak di manfaatkan untuk berkumpulnya masyarakat. Serta impian lainnya, gubernur akan merevitalisasi Pasar KUD Tanjungpinang.

”Pak gubernur mau merancang pasar itu sebagus-bagusnya,” tambahnya.

Gebrakan perencanaannya dilakukan di APBD Perubahan 2017 atau paling akhir di tahun 2018 mendatang.

”Saat ini Pak Burhanuddin, Kadisperindag minta berkoordinasi dengan kabupaten kota, supaya perencanaan membangun nanti tidak ada kendala,” tambahnya.

Pasar tradisional di Jodoh Kota Batam pun sama. Pemprov berdasarkan usulan gubernur, juga akan direvitalisasi di APBD Perubahan 2017 ini.

”Rencananya sudah masuk dalam RKA, serta RPJMD pemprov saat ini. Jadi wajib di bangun. Kita berharap pemda mendukung mimpi pak gub supaya geliat pasar saat ini menjadi lebih semakin bagus lagi,” bebernya.

Baca Juga :  Antisipasi Aksi Teror Harus Setiap Saat

Soal anggaran memang sudah diatur hanya saja pada saat pelaksanaan di lapangan akan tidak sama dengan kabupaten kota lainnya.

Hanya saja, pemprov saat ini terus mempromosikan pembangunan pasar ini ke Kementerian Perdagangan.

”Harapan kita di pasar pun, bisa menjadi kawasan pariwisata yang dapat menyerap anggaran bagi daerah. Jadi tidak hanya sebagai tempat berbelanja saja, melainkan untuk aktivitas berwisata,” tambahnya.

Senada disampaikan Kadisperindag Kepri Burhanuddin. Menurutnya, pembangunan pasar di Kepri adalah misi nomor satu pak gubernur untuk pembangunan masyarakat Kepri.

Bahkan menurut dia, pada saat rapat kepala OPD dengan gubernur, selalu disampaikan masalah pembangunan tiga pasar di Kepri saat ini.

Baca Juga :  Lapangan Gunung Lengkuas,Kick Off Piala Suratin

”Pak gub selalu ingatkan saya untuk memperhatikan masyarakat melalui kegiatan pasar. Dalam pertemuan rakontek dengan menteri perencanaan dan pembangunan nasional, bahwa pemerintah pusat sangat mendukung pembangunan pasar dan merivalitasi pasar ini di Kepri,” jelasnya.

”Dan membangun gudang-gudang,” tegasnya lagi.

Niat sungguh-sungguh untuk membangun pasar di Kepri saat ini karena memperhatian jumlah rasio masyarakat sekitar 2,5 juta dari BPS.

Melihat angka yang tinggi itu, sangat tidak mungkin masyarakat Kepri masih menggunakan pasar yang masih ada saat ini.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here