Pendataan Sekolah Untuk Bangun Labor Seni Budaya

0
864
SISWA BERBINCANG: Tampak beberapa siswa di SMAN 3 Tanjungpinang saat berbincang dengan teman sesama.F-Yoan/Tanjungpinangpos

TANJUNGPINANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan membangun laboratorium seni dan budaya di sekolah-sekolah.

Hal tersebut disampaikan relawan Kementerian wilayah kerja Kota Tanjungpinang, Irwansyah kepada Tanjungpinang Pos.

Pihaknya akan mendata sekolah mana saja yang siap melaksanakan terkait program ini. Laboratorium ini nantinya akan berisi berbagai peralatan modern, seperti televisi, sound system serta berbagai peralatan seni modern dan tradisional yang menunjang pembelajaran peserta didik.

Kegiatan dalam laboratorium itu nanti bisa seperti menonton bersama, membuat film pendek atau melihat pertunjukkan teater dan diskusi budaya.

Baca Juga :  Daftar SMAN 3 Batam, Jangan Lihat Zonasi

”Tugas saya kini mendata sekolah mana saja yang siap melaksanakan tugas ini,” ujarnya.

Pembangunan laboratorium seni dan budaya ini masih percontohan. Maka dari itu jumlah sekolah yang bakal ditunjuk menerapkan pun tak banyak. Butuh pendataan dan menilai kesiapan sekolah.

Ia menambahkan, laboratorium seni dan budaya bertujuan para siswa dapat menjaga khazanah serta nilai-nilai purba dalam setiap aspek seni dan budaya yang ada.

”Negara kita ini kaya akan seni dan budaya, namun generasi muda seakan terus diserang kemajuan teknologi dan kemajuan zaman, kalau tidak diantisipasi sejak dini maka dimungkinkan kedepan nilai-nilai agung tersebut akan punah,” ujar dia.

Baca Juga :  Sekolah Swasta Minim Siswa

Kepala Sekolah SMAN.3 Kota Tanjungpinang, Dr Darson menyambut baik wacana kementerian tersebut, bahkan pihaknya mengaku siap jika ditunjuk sebagai pilot project labor seni dan budaya itu.

”Saya pernah membina sanggar sekolah yang prestasinya hingga ke luar negeri. Kalaupun memang diperkenankan, sekolah kami ini siap menerima bantuan tersebut,” kata Darson.

Darson belum menerima petunjuk teknis (Juknis) terkait pelaksanaan ini. Apakah ada kreteria khusus atau tidaknya ini yang perlu diketahui lebih lanjut. (cr33)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here