Penemu Inovasi TTG Difasilitasi

0
942
ALAT TENUN: Alat tenun pembuatan alas kaki diperlombakan di TTG tingkat Provinsi Kepri di Batam, tahun lalu. F-dok/tanjungpinang pos

Pemprov Kepri Tantang Kreativitas Warga  

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun meminta agar para penemu inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) difasilitasi untuk mematenkan hasil karyanya dan pengembangannya ke depan.

TANJUNGPINANG – NURDIN tak ingin para penemu tersebut tidak berkembang. Karena itu, mereka harus terus berinovasi dan mendapat perhatian dari pemerintah.

Ke depan, temuan-temuan ini akan dibukukan sehingga bisa disebarluaskan ke kampus, ke pihak desa, ke sekolah-sekolah atau ke perpustakaan.

Dengan demikian, masyarakat umum bisa memesan produksi mereka untuk kebutuhan usahanya. Temuan-temuan mereka pun akan semakin berguna dan bisa dikembangkan lagi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil) Pemprov Kepri, Sardison mengatakan, pihaknya akan membantu memfasilitasinya.

Baca Juga :  Gubernur Ikut Percantik Masjid

Tanggal 17-19 Mei akan digelar Lomba Inovasi TTG tingkat provinsi di Kepri Mal Batam dengan tema ‘Melalui Lomba Inovasi TTG, Kita Kembangkan Kreativitas dalam Mendukung Percepatan Alih Teknologi kepada Masyarakat’.

Ditambahkannya, lomba TTG dilakukan di Batam karena jalur transportasinya terbuka untuk semua daerah di Kepri dan masyarakat yang menyaksikannya juga lebih ramai.

”Selaian itu, permintaan peserta juga kita akomodir yang memilih Batam sebagai tempatnya. Ini sudah kita sampaikan ke pak gubernur,” ujarnya kepada wartawan, kemarin.

Panitia ingin peserta lomba TTG tingkat provinsi minimal 30 orang. Peserta dari kabupaten/kota yang akan bertanding di Lomba TTG provinsi adalah mereka yang terbaik berdasarkan hasil seleksi melalui Lomba TTG tingkat provinsi.

Baca Juga :  Nurdin dan Rafiq Sepakat Bangun Smelter

”Peserta dari pos pelayanan teknologi (Posyantek), instansi pemerintah, swasta, sekolah, perguruan tinggi, dunia usaha dan masyarakat umum yang berdomisili di Kepri,” tambahnya.

Bagi kabupaten yang tak menggelar Lomba TTG, namun ada temuan inovasi teknologi dari daerah itu, maka bisa langsung mendaftar mengikuti Lomba TTG provinsi. ”Kita akomodir agar keterwakilan semua daerah ada,” bebernya.

Adapun jadwal Lomba TTG kabupaten/kota di Kepri adalah, Anambas tanggal 30 Maret, Bintan tanggal 20 April, Batam tanggal 20 April, Tanjungpinang tanggal 27 April dan Karimun tanggal 3 Mei.

Baca Juga :  Bantuan untuk Nelayan Banyak Salah Sasaran

Dijelaskannya, kegunaan teknologi tepat guna ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat, dapat menjawab permasalahan masyarakat, mudah dimanfaatkan oleh masyarakat, tidak merusak lingkungan dan menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi dan lingkungan hidup.

Adapun maksud penyelenggaraan lomba inovasi TTG adalah, untuk mengembangkan kreativitas masyarakat untuk menciptakan TTG serta menjaring teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat

”Tujuannya adalah terjadinya percepatan alih teknologi kepada masyarakat dan kita berharap inovasi teknologi yang ada terus dikembangkan,” bebernya.(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here