Pengedar Sabu untuk Tahun Baru Diciduk

0
827
SERAH TERIMA TERSANGKA: Kepala Staf Kodim Mayor Sugeng S (tengah) Kapolres dan Kasat Narkoba saat menunjukan narkoba, kemarin.F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Dua pengedar sabu-sabu untuk tahun baru ditangkap anggota Babinsa Tanjungunggat dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0315 Bintan Sertu MS Manurung, Sabtu (30/120 malam. Yakni, Hendri (26) dan Herman (21). Mereka adalah warga Tanjungunggat diduga sebagai pengedar sabu di Wisma Tanjung, Sukaberenang. Narkoba itu akan dijualnya untuk malam tahun baru.

Dari tangan kedua pelaku berhasil disita barang bukti sabu dengan berat bruto 94,41 gram. Komandan Kodim 0315 Bintan Letkol Infanteri Ari Susesno melalui Kepala Staf Kodim Mayor Sugeng S mengatakan, pengungkapan kedua pelaku oleh Sertu MS Manurung saat mengikuti operasi penyakit masyarakat bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Tanjungpinang.

Pada saat berada di Wisma Tanjung di kamar 305, ia melihat kedua gerak-gerik pelaku saat keluar kamar sangat mencurigakan. Kecurigaan terhadap pelaku membuahkan hasil. Di mana ketika pelaku diperiksa ditemukan barang bukti berupa dua paket sabu di dalam tas Herman.

Baca Juga :  Tiga Damkar Dikerahkan Padamkan Api

”Pas digeledah ditemukan barang bukti sabu di tas pelaku. Babinsa langsung menangamkan kedua pelaku ke Makodim untuk diperiksa,” ujar Sugeng di Makodim 0315 Bintan, Tanjungpinang, kemarin.

Setelah kedua pelaku diintrogasi di Makodim, petugas kembali pergi ke kamar wisma mencari barang bukti lainnya. Dari hasil pengembangan, ditemukan lagi barang bukti sabu satu paket besar dan tiga bungkus paket sedang. Dan, ditemukan juga tiga paket kecil, tiga unit handphone, uang tunai Rp 248 ribu, alat hisap sabu (bong), gunting, mancis, dua bundel plastik bening untuk bungkus edaran terdiri dari satu kantong plastik paket besar dan satu kantong plastik paket kecil, sepeda motor Yamaha Fiz R.

Sugeng menyampaikam, untuk proses selanjutnya diserahkan kepada Satuan Reserse Narkoba Polres Tanjungpinang. ”Hasilnya kita sita barang bukti 10 paket sabu. Kita serahkan langsung kepada Polres Tanjungpinang untuk diproses,” sebutnya.

Baca Juga :  Pajak Daerah Lampaui Target

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro mengapresiasi kinerja dari Babinsa Kodim 0315 Bintan dan Satpol PP Tanjungpinang atas keberhasilan pengungkapan kasusnya.

Dia menuturkan, sebelum kasusnya diterima Satnarkoba Polres Tanjungpinang, pihaknya terlebih dulu menguji barang bukti yang disaksikan oleh pihak Kodim 0315 dan perwakilan Badan Nasional Narkotika Kota (BNNK) Tanjungpinang dengan mengunakan alat narkotes. ”Setelah ditimbang berat kotornya 94,41 gram sabu dan setelah diuji barang buktinya positif narkoba,” jelasanya.

Lanjut, kata Ardiyanto, setelah kedua pelaku dan barang bukti diserahkan terimakan, selanjutnya pihaknya akan melakukan pengembangan kasusnya. Untuk saat ini, kedua pelaku akan di bawa ke Polres Tanjungpinang untuk diperiksa. ”Yang jelas kita masih dalami dan kembangkan kasusnya,” tuturnya.

Di tempat sama, Herman mengaku barang bukti yang disita rencananya hendak diedarkan. Dia menuturkan, sabu diambilnya di pinggir jalan sekitar Jalan Wiratno setelah mendapat instruksi dari Riki Siregar yang telah ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) 18 Bintan. Dia mengatakan, hasil penjualannya akan menerima upah sebesar Rp 4 juta.

Baca Juga :  Komisi II Tetap Tolak Kenaikan Pas Pelabuhan

”Saya baru dua kali melakukannya, yang suruh calon kakak ipar saya (Riki). Sekarang dia di Lapas 18. Barangnya belum tahu mau diserahkan kepada siapa, masih menunggu instruksi dari Riki,” sebutnya.

Dia menyampaikan, untuk mengambil barangnya sebelumnya telah berkomunikasi lewat ponsel. Dia mengaku tidak mengetahui siapa orang telah menaruh barang buktinya. ”Komunikasinya lewat handphone, saya tak tahu pemilik barangnya siapa, saya tahunya tinggal ambil saja,” ujarnya. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here