Penggunaan Dana Desa Harus Transparan

0
968
Hardiansyah

LINGGA – ASOSIASI Perangkat Desa Seluruh Indinesia (Apdesi) Kabupaten Lingga Iinginkan seluruh kepala desa membuat pengumuman setiap penggunaan angggaran Dana Desa (DD).

Hal itu disampaikan Radiansyah, Ketua Apdesi Lingga, Jumat (5/5). Ia menginginkan, setiap kepala desa memasang baliho tentang kegiatan pembangunan desa yang menggunakan DD tersebut.

”Dengan adanya Baleho APBDes pengunaannya akan menjadi transparan dan masyarakat dapat langsung melakukan pengawasan,” ujar Radiansyah.

Sehingga program pembangunan yang telah disepakati dalam APBDes, dapat terlaksana sesuai perencanaan yang disusun sesuai anggaran.

Baca Juga :  Disparpora Tunggu Kepastian Porprov

Saat penggunaan DD menjadi sorotan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), diharapkan kepala desa harus transparan dalam menggunakan dana desa. Dengan transparannya penggunaan DD dan ADD, diharapkan bisa mencegah penyelewenggan.

Dengan transparansi tersebut, maka masyarakat mengetahui tentang penggunaan anggaran hingga kika terjadi kesalahan. Ia menghimbau, agar ada alokasi anggaran penyuluhan hukum bagi perangkat desa dan masyarakat.

Hal ini dilakukan, sebagai langkah pembelajaran masyarakat tidak buta hukum.
Menurutnya, sesuai dengan ketentuan UUD 1945, bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan yang sama dalam hukum dan pemerintahan, dan terhadap siapapun yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Disiplin Pegawai Belum Memuaskan

”Kesadaran akan perlunya pembinaan budaya hukum, dikarenakan berkembangnya pemikiran bahwa hukum baru akan mulai efektif. Apabila masyarakat telah mengetahui, memahami dan melaksanakan aturan hukum secara konsisten,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here