Pengusaha dan BUMN Harus Kembangkan Olahraga

0
278
Ketua KONI Tanjungpinang H Adnan memasangkan baju KONI kepada Walikota Tanjungpinang di acara pelantikan KONI Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang H Syahrul atas nama KONI Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengukuhkan dan melantik pengurus Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Tanjungpinang (periode 2019-2023) di Aula Bulang Linggi Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Selasa (3/12).

Mereka yang dilantik yakni Ketua KONI Tanjungpinang H Adnan, Ketua Harian Abdul Halim, Wakil Ketua Harian RME Mansyur Razak, Sekretaris Mentereng Sakti, Wakil Sekretaris Farazila Amtar.

Bendara Umum Dino Juana, Wakil Bendara Hj Suryana. Bidang Organisasi Mahnizon, Bidang Penelitian dan Pengembangan Yova Apriazir, Bidang Perencanaan dan Anggaran Irwan Siswandi, Bidang Pendidikan dan Penataran Eddy Rivana. Dan, Bidang Humas, Media dan Promosi Muhammad Hedari, bersama dengan pengurus lainnya.

H Syahrul mengatakan bahwa keberadaan KONI sangat penting. Memiliki peranan mengembangkan seluruh cabang olahrag (Cabor) bekerjasama dengan Pengurus Kota (Pengkot) yang ada di Tanjungpinang. Harus membuat kalender event.

Ia berharap melalui organisasi KONI, melahirkan atlet-atlet berpretasi. Mulai tingkat kota sampai nasional bahkan internasional.

Usai pelantikan, ia pun berharap seluruh pengurus segera melakukan aksi dan bekerja sesuai tupoksi yang sudah diamanahkan.

”Jangan sampai SK hanya disimpan di dalam map kemudian dimasukan ke laci, tapi langsung action dalam memanjukan dunia olahraga khususnya di Tanjungpinang,” tuturnya.

Salah satu bidang yang dikukuhkan yaitu dewan penyantun. Ia berharap melalui ini, bisa mencari para donatur membiayai berbagai kegiatan olahraga.

Bahkan mulai dari latihan atlet sampai dengan pertandingan dalam upaya pembinaan.

Dituturkannya, secara nasional maupun skala daerah pun memajukan olahraga tidak hanya bisa berharap dari APBN dan APBD, namun perlu peranan koni pihak ketiga yaitu pelaku usaha sebagai bapak asuh.

Ia mendorong pihak KONI membuka komunikasi dan menjalin kerja sama dengan pihak swasta seperti Bank, perusahaan dan BUMN yang ada di Kota Tanjungpinang.

“Saya inginkan agar KONI Kota Tanjungpinang segera membuat kalender event dalam satu tahun untuk setiap cabang olahraga, atau olahraga yang menjadi prioritas dan untuk anggaran kita bisa ajukan kepada pihak swasta, baik itu Bank atau Pengusaha untuk mendapatkan dana CSR,” ungkap Syahrul.

Dari kalender event tersebut disodorkan kepada pelaku usaha mau memilih membiayai kegiatan yang mana. Ini butuh komitmen bersama.

”Jadi kita tidak hanya mengimbau tetapi meminta memilih nantinya,” ucapnya.

Misalnya pihak PLN ke depan membiayai atlet atau bahkan event perlombaan dari cabor bola voli. Begitu dengan pelaku usaha lainnya, seperti bank.

Syahrul juga berharap KONI Kota Tanjungpinang dapat menjalin komunikasi dan koordinasi kepada Camat di Kota Tanjungpinang untuk mengadakan pertemuan untuk membahas setiap event yang dilaksanakan di setiap wilayah kecamatan di Kota Tanjungpinang baik dalam segi persiapan maupun anggaran.

”Termasuk salah satunya adalah Wakil Walikota Tanjungpinang sebagai Dewan penyantun yang akan bersama-sama mencari dana untuk pelaksanaan kegiatan olahraga, sehingga tidak hanya berharap dari APBD Kota Tanjungpinang saja,” tambah Syahrul.

Dalam kesempatan ini, Syahrul mengucapkan terima kasih pada para pengusaha dan Pimpinan BUMN yang hadir pada hari ini atau yang mewakili.

”Sampaikan salam saya untuk pimpinan BUMN yang ada di KotaTanjungpinang, saya berharap antara Pemerintah, KONI, Pengusaha, dan seluruh pihak dapat bersama sama menggerakkan kembali Olahraga di Kota Tanjungpinang, yang tentunya dikoordinasi oleh KONI Kota Tanjungpinang,” harap Syahrul

Ketua KONI Kota Tanjungpinang, H. Adnan, S. Sos menyampaikan dalam sambutannya bahwa prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam bidang olahraga, yaitu berdasarkan hasil Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Riau ke-IV tahun 2018 yang lalu, bahwa Kota Tanjungpinang nyaris menjadi juara umum dengan perolehan 69 medali emas, 66 medali perak dan 72 medali perunggu.

”Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat signifikan peningkatannya, dibandingkan dengan perolehan medali pada Porprov Kepri ke-III tahun 2014 yang lalu, tentunya prestasi yang telah dicapai oleh para atlet Tanjungpinang bukan hanya di Porprov saja, namun pada event-event lain baik tingkat regional maupun ditingkat Nasional, bahkan tingkat Internasional,” ujar Adnan

Dalam kesempatan ini, Adnan atas nama KONI Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Tanjungpinang, atas rencana akan dibangunnya gedung olahraga (GOR), yang berlokasi di Senggarang pada tahun 2020 dan juga Provinsi Kepulauan Riau yang sedang membangun Stadion dan Sport hall bertaraf Internasional di kawasan Dompak.

”Kami mohon doa dan dukungan kepada seluruh pihak, agar KONI Kota Tanjungpinang dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra Pemerintah Kota Tanjungpinang dalam pembinaan olahraga di Kota Tanjungpinang,” ungkap Adnan. (bas/dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here