Peningkatan Pelabuhan Penagi Rp8 Miliar

0
700
PELABUHAN Penagi yang akan diperpanjang lagi sekitar 70 meter agar dapat disandari kapal berbobot 2.000 GT.F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos
Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar menyebutkan, Pemerintah Daerah secara bertahap akan meningkatkan pembangunan Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi. Kegiatan yang direncanakan akan dilaksanakan tahun 2019 hingga 2020 itu menelan anggaran Rp8 miliar.

NATUNA – Dijelaskannya, untuk tahun 2019 ini anggaran yang dikucurkan dari APBD sebesar Rp1,8 miliar dengan pekerjaan pemasangan pancang dan tiang pelabuhan.

”Pelabuhan Tanjung Payung ini, akan dibangun dengan panjang 70 meter dan lebar 4 meter,” kata Iskandar, Rabu (2/1).

Ke depan, lanjut Iskandar, Pelabuhan Tanjung Payung dan Pelabuhan Penagi bisa menampung kapal besar berukuran 2000 GT.

”Aktivitas perekonomian di sekitar pelabuhan akan semakin ramai. Ini target dari pembangunan bertahap,” tandasnya.

Baca Juga :  Hamid Lantik Tiga Pejabat Tinggi Pratama

Tokoh masyarakat Kampung Penagi, Supriyanto mengatakan, langkah pemerintah untuk pengembangan dan peningkatan pelabuhan Tanjung Payung sudah tepat.

Sebelum menjadi Kabupaten, Penagih adalah pusat perdagangan masyarakat Natuna.

”Saya yakin, perekonomian di Penagi akan kembali maju seperti dulu. Pusat perdagangan dan aktivitas perekonomian masyarakat akan berpusat di sini,” kata Supriyanto di Penagi, Kamis (3/1).

Dia berharap, rencana pengembangan dan peningkatan pelabuhan tidak jalan ditempat dan pemerintah harus bisa memprioritaskan program ini secara maksimal.

”Jangan tanggung-tanggung, selesaikan sampai tuntas, biar kapal kargo yang merapat di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi ini semakin ramai,” tutupnya.

Tahun 2018 lalu, Minggu (15/7) Iskandar pernah menyampaikan peningkatan Pelabuhan Penagi harus terus digesa.

Baca Juga :  69 Desa Belum Ada Akses Internet

Ia menyebutkan, Pelabuhan Penagi rencananya akan menjadi pelabuhan sentral perekonomian dengan sekala menengah yang menampung kapal di bawah 1.500 Gross Tonnage (GT).

”Pelabuhan Penagi menjadi sentral perekonomian kedua, setelah pelabuhan selat lampa. Rencananya pelabuhan ini akan diperpanjang, sampai ke Pelantar Kampung Tua Penagi,” kata Iskandar, saat ditemui di Gedung Sri Serindit, Ranai, belum lama ini.

Pengembangan pelabuhan tersebut di anggap sangat perlu sekali, mengingat Natuna sebagai daerah maritim yang minim akan pelabuhan berkapasitas basar.

Di samping itu, dengan aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan tersebut cukup ramai.

”Pengembangan pelabuhan tersebut berupa melengkapi sarana pelabuhan, seperti pembangunan gudang, terminal penumpang serta fasilitas pendukung lainnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemkab Kurban 24 Ekor Sapi

Ketika ditanya terkait anggaran pembangunan sisi pelabuhan itu, pihaknya sama sekali tidak mengetahui karena semuanya kewenangan Provinsi Kepri.

”Untuk anggaran pembangunan itu seluruhnya di provinsi. Tahun ini dibangun sisi pelabuhan, sekaligus ada gudang penumpukan barang juga. Jadi kalau anggarannya kita kurang mengetahuinya,” tutup singkatnya.

Keinginan proses bongkar muat kapal yang cepat, sangat dinantikan oleh para pengusaha lokal di Natuna karena selama ini masih terlambat. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here