Pentingnya Aplikasi Whatsapp di Forum Diskusi

0
1118
Zurni Kurniawati

Oleh: Zurni Kurniawati
Mahasiswi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Kota Tanjungpinang

Perkembangan media sosial pada era teknologi sekarang menjadikan ketergantungan masyarakat lebih tertarik berkomunikasi dan berinteraksi di media sosial daripada bertemu tatap muka secara langsung.

Yaitu dengan memanfaatkan salah satu media sosial seperti WhatsApp yang paling fenomenal dan memiliki pengguna yang paling banyak di dunia.

Kelebihan WhatsApp ialah memiliki koneksi 24 jam nonstop selama kita tersambung dengan internet, sehingga memudahkan untuk mengirim dan menerima pesan.

Whatsapp juga bisa membuat grup yang terdiri dari banyak orang yang dapat dijadikan sebagai media dalam proses forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran dengan cepat pada kalangan mahasiswa khususnya.

Pada dasarnya Whatsapp merupakan aplikasi sosial media berupa chat yang secara real time dapat mengirim pesan dengan mudah.

Baca Juga :  Antara Rokok, Kerugian Pembeli dan Keuntungan Penjual

Dibekali dengan fitur-fitur seperti WhatsApp group yang memudahkan mahasiswa untuk membuat grup yang memang digunakan sebagai media untuk sesama mahasiswa agar bisa saling berdiskusi mengenai pembelajaran.

Selain itu pula ada fitur WhatsApp call yang membuat mahasiswa lebih dimudahkan dan diuntungkan jika menggunakan aplikasi WhatsApp dalam pembelajarannya.

Pasalnya fitur ini membuat mahasiswa menghemat pengeluaran untuk pembelian pulsa, karena fitur ini memang disediakan oleh WhatsApp secara gratis untuk menelepon dengan hanya membutuhkan koneksi ke internet.

Diantara berbagai jenis media sosial yang memudahkan pengguna untuk saling berinteraksi dan berkomunikasi, serta dapat digunakan sebagai forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran salah satunya ialah WhatsApp. Meskipun WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan untuk smartphone. Dan ada yang unik dari WhatsApp yakni sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan.

Baca Juga :  Demokrasi dan Jurus Lupa Ingatan

Jika dilihat dari fungsinya WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda pergunakan di ponsel lama. Tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet.

Pemanfaatan WhatsApp sebagai forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran pada mahasiswa dapat terlaksana salah satu caranya adalah dengan membetuk WhatsApp Grup.

Di dalam WhatsApp group tersebut akan secara otomatis diketahui jika ada yang mengirimkan pesan tertentu dan yang lainnya bisa dengan memberikan tanggapan yang jelas terkait topik yang ingin didiskusikan.

Dengan tujuan antara mahasiswa dan dosen dapat melakukan suatu forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran tidak harus secara langsung atau bertatap muka namun dapat dilakukan secara online, pembentukan grup pada WhatsApp membuktikan bahwa penyebaran materi pembelajaran tidak hanya bisa pada blog saja.

Baca Juga :  Pentingnya Sanitasi Lingkungan dan Higiene Perorangan

Dengan latar belakang banyaknya mahasiswa dan masyarakat luas menggunakan aplikasi chat WhatsApp saat ini, menjadikan saya sebagai penulis artikel ini menyimpulkan bahwa media sosial sebagai sumber belajar dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp dengan membentuk grup pada WhatsApp, yang bisa dimanfaatkan sebagai forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran pada mahasiswa.

Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan WhatsApp sebagai forum diskusi dan penyebaran materi, pembelajaran dapat terlaksana salah satu caranya adalah dengan membetuk WhatsApp Grup.

Pada forum diskusi dan penyebaran materi pembelajaran di media WhatsApp, diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan atau memanfaatkan dengan semaksimal mungkin, sehingga sumber belajar dapat diciptakan serta dicapai melalui media sosial.***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here