Penumpang Kapal Membeludak

0
666
LALU LALANG: Para penumpang tujuan antarpulau dan Batam sedang lalu lalang membawa barang saat berada di ruang tunggu SBP Tanjungpinang.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Libur menyambut Tahun Baru dan sekolah telah usai, para penumpang pun kembali memadati Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) yang di kelola PT Pelindo Tanjungpinang.

Pantauan Tanjungpinang Pos, Senin (1/1) tampak penumpang memadati ruang tunggu di SBP. Kasi Lalu Lintas KSOP Tanjungpinang, Yansen Marlan memprediksi, terjadi peningkatan penumpang sekitar 50 persen bila dibangdikan hari biasanya.

Dengan jumlah penumpang datang 3.958 dan berangkat 5.573 orang tujuan Batam maupu antarpulau. Lonjakan penumpang sudah terjadi sejak satu minggu terakhir. Dimulai dari liburan Natal 25 Desember kemarin dan kini masa arus balik.

”Penumpang di SBP hari ini dan beberapa hari kedepan akan ramai. Mereka baru usai melaksanakan libur Natal dan Tahun Baru,” paparnya.

Yansen mencotohkan, hari biasa kapal penumpang tujuan Dabo tidak penuh, arus balik liburan kali ini terisi semua dengan 200 orang. ”Berangkat satu kali aja satu hari, biasanya tak penuh tadi pagi penuh,” unggkapnya.

Baca Juga :  Retak, PU Kota Lapor ke BPJN

Biasanya kapal akan penuh pada momen libur, berbeda dengan hari biasa. Sedangkan tujuan Batam-Tanjungpinang atau sebaliknya terjadi peningkatan 30 persen. Hampir seluruh armada kapal penuh.

”Jumlah seminggu terakhir ini naik, mulai dari yang datang maupun berangkat melalui pelabuhan SBP,” sebutnya.

Menurutnya, data penumpang yang tercatat untuk tiba pertanggal 31 Desember sebanyak 4.056 dan yang berangkat 4.039. Jumlah keseluruhan penumpang 1 Januari baru akan diketahui, sore harinya, setelah semua pelayanan selesai.

Apabila jumlah penumpang banyak atau meningkat, setiap armada menyedikan satu kapal untuk menambah pelayanan keberangkatan. ”Meskipun sejauh ini belum ada penambahan armada keberangkatan yang artinya masih cukup dan terlayani semua,” ungkapnya.

Baca Juga :  Tempat Hiburan Malam Tutup Lima Hari

Setiap hari, ada sembilan kapal Baruna yang beroperasi dengan 42 trip. Sedangkan Marina 14 trip dengan dua kapal yang beroperasi.

Armada antarpulau tujuan Dabo ada dua kapal yang beroperasi yaitu super jet. Begitu juga dengan tujuan Lingga ada dua kapal, yaitu Lingga Permai dan kapal Arena masing-masing satu trip.

Salah satu penumpang di SBP, Gaby baru tiba menggunakan kapal dari Batam. Ia baru usai melaksanakan liburan Natal dan Tahun Baru di Medan. ”Saya dan anak saya besok sudah kembali beraktifitas, anak saya sekolah dan saya mengajar,” ungkapnya.

Ia mengaku pergi ke Medan melalui Batam dengan berangkat 19 Desember kemarin. ”Lumayan libur Natal tahun ini bisa dua minggu, jadi bisa menikmati dengan melakukan perjalanan bersama keluarga,” tuturnya.

Baca Juga :  Hindari Pungli, Ponsel Pegawai Ikut Dititipkan

Ia menilai jumlah penumpang saat ia berangkat dan pulang kali ini padat. Bahkan jika tidak cepat bisa tak mendapat kursi. ”Tadi aja ramai, saya fikir tidak akan dapat kursi, sykurnya ada meski harus di bagian belakang,” ungkapnya.

Begitu juga saat berangkat waktu itu, harus cepat bila tidak bisa tidak dapat kursi atau harus mengantri di keberangkatan kapal berikutnya. Meski jumlah penumpang meningkat, menurutnya tidak sampai berdesak-desakan. Bahkan ia senang bisa tiba dnegan selamat, ditengah kondisi cuaca hujan dan agak bergelombang tak sampai menunda keberangkatan. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here