Perbanyak Promosi Wisata

0
470
Ribuan turis asal Tiongkok menikmati objek wisata di kawasan Kabupaten Bintan beberapa waktu lalu. F-ISTIMEWA

Sebaiknya dinas pariwisata lanjutkan terus promosi pariwisatanya di luar negri sekalian juga ajak Dispar dan budaya Provinsi dan disinilah potensi PAD nya yang bakal besar akan didapat. wass…
081364339876

Giatkan Event Pariwisata Kepri
Kepada Yth Gubernur Kepri, Wali Kota bupati dan kepala dinas pariwisata dan kebudayaan, mohon digiatkan event pariwisata. Promosi pariwisata cara yang paling efektif mendapatkan penghasilan tambahan dalam waktu yang singkat. Perbanyak Event, promosikan ke luar negeri. Bangun replika istana kerajaan penyengat, untuk menambah daya tarik pariwisata kebudayaan dan menambah pengetahuan bagi pengunjung, trims atas perhatiannya, dari generasi peduli pariwisata.
+628127746945

FBK Pintu Wisata Religi
FESTIVAL Bahari Kepri bisa jadi pintu gerbang masuknya Wisata Bahari di Indonesia, Melayu identik dg Islam. Kita harus contoh kunjungan wisata religus terbesar di dunia, yaitu kota Mekkah dan Medinah Arab, termasuk tunaikan ibadah haji. Jadi untuk pancing masuknya wisatawan tidak diperlukan berbau maksiat seperti judi, minum arak , pelacuran dan sebagainya. Kita lebih takut dg bala bencana dan musibah yg diturunkan Allah SWT,jika negeri ini penuh maksiat.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Tahun ini kementerian pariwisata pesimis untuk bisa mencapai kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara. Tahun ini, kita targetkan 3,5 juta wisman masuk lewat pintu Provinsi Kepri. Kementerian Parawisata mendorong pemerintah di Kepri melakukan langkah-langkah praktis mencapai target itu. Namun Dinas Parawisata Kepri, terlihat pesimis dengan target itu.

Baca Juga :  Bakal Banyak Sarjana Nganggur

Angka yang dicanangkan Kementerian Parawisata masih berat untuk dicapai. Rasanya, baru tercapai 1,2 juta wisman. Kalau mencapai 2,4 juta, mungkin. Kalau 3,5 juta, rasanya tidak mungkin.

Event-event yang sudah disiapkan berjalan dengan baik. Bulan ini, ada dua event yang diharapkan mendapat perhatian wisman. Dua event itu, bermuatan maritim 70 persen dan budaya 30 persen. (mbb)

Buralimar
Kepala Dinas Parawisata Kepri,

TANGGAPAN:
Target secara nasional untuk kunjungan wisman 17 juta itu kecl kemungkinan terealisasi. Salah satunya karena Lombok dan Bali diguncang gempa. Selain itu, target wisman yang masuk Batam dan Kepri cukup ambisius.

Batam disiapkan menyumbang parawisata dalam memenuhi target Indonesia 17 juta. Ini target yang sangat ambisius. Karena sangat ambisius, maka pertumbuhan harus di atas biasa.

Walau dinilai sebagai target ambisius, namun Indonesia memiliki potensi untuk mencapai hal itu. Capaian Wisman saat ini baru sekitar 7 juta-an dari target 17 juta. Kita mesti optimisme Kepri bisa menyumbang seperti ditargetkan, 3,5 juta. Alasannya, transportasi ke Kepri murah, karena melalui kapal.

Baca Juga :  Ayo Contoh Negeri Seberang

99 persen wisatawan dunia, menggunakan pesawat. Hanya ke Kepri yang menggunakan kapal. Ini potensi.

kami menyarankan Batam dan Pemerintah Kepri, mendorong program diskon besar-besaran, saat pariwisata tidak bergairah. Wisata belanja memiliki daya tarik untuk mendapat kunjungan wisman Singapura ke Batam. ?Program itu optimis bisa berhasil, karena hotel di Batam murah. Hanya saja di Batam perlu ditingkatkan atraksi.

Seperti datang ke Batam, dapat diskon spa, diskon golf, diskon belanja dan lainnya.

Ada tiga program marketing khusus parawisata 2018. Masing-masing, insentif kepada airlines dan wholesaler, visit wonderful Indonesia-Hot Deals dan Competing Destination Model (CDM). Program itu untuk mendongkrak pertumbuhan pariwisata sehingga target kunjungan 17 juta wisman tahun ini tercapai.

Untuk mencapai target 17 juta wisman pada tahun ini, pariwisata harus didorong agar tumbuh hingga mencapai 21 persen dari capaian kunjungan wisman tahun 2017. Target itu jauh di atas pertumbuhan pariwisata regional ASEAN 7 persen dan dunia 6,4 persen. Makanya dibutuhkan strategi marketing khusus.

Program marketing khusus untuk mengejar 17 juta kunjungan wisman tahun 2018, diantaranya program insentif kepada airlines dan wholesaler. Program ini sebagai pursuing growth atau mengejar pertumbuhan. Kemudian, program ViWI atau Visit Wonderful Indonesia-Hot Deals. Program Hot Deals ini dilakukan di tiga pintu utama bagi kunjungan wisman yaitu Great Bali yang memberikan kontribusi wisman sebesar 40 persen, Great Jakarta 30 persen, dan Great Kepri 20 persen.

Baca Juga :  SDA Kepri Berlimpah

Dengan paket Hot Deals Kepri, Paket Hot Deals Bali dan Paket Hot Deals Jakarta diharapkan dapat mengejar target kunjungan wisman sebesar 2,5 juta di tahun 2018.

Terakhir, program competing destination model (CDM), mengakuisisi pelanggan dengan metode yang dilakukan penyedia platform data driven marketing dalam mengarahkan calon wisatawan mancanegara yang sudah memiliki tujuan wisata ke destinasi tertentu. Dengan CDM memungkinkan untuk mengambil data trevellers dari berbagai sumber online, profiling dan segmentasi data travellers, dan menargetkan travellers dengan kampanye iklan yang customized dan targeted. (mbb)

Guntur Sakti
Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here